Kamis, 26 Mei 2022
HeadlineYayasan Bina Tani Sejahtera Bidik Petani...

Yayasan Bina Tani Sejahtera Bidik Petani Muda

TERAS TERUNJAM – Yayasan Bina Tani Sejahtera Panah Merah, sejak beberapa tahun terakhir mengembangkan pasar di Kabupaten Mukomuko. Sistem pemasaran yang dilakukan tidak semata-mata menjual produk, melainkan melalui pembinaan petani. Penyuluhan terhadap Kelompok Tani (Poktan) serta Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Pemuda Tani dengan cara membuat Demontration Plot (Demplot). Teknik ini, selain membatu bibit, juga ada transfer ilmu dari penyuluh perusahaan kepada mitra, petani. Rozanov, SP adalah petugas penyuluh dari Yayasan Bina Tani Sejahtera Panah Merah, yang bertugas di Kabupaten Mukomuko, sejak 8 bulan terakhir.

Kepada Radar Mukomuko (RM) Rozanov menyampaikan, pihaknya telah menjalin kemitraan dengan petani di beberapa kecamatan. Diantaranya Lubuk Pinang, Air Manjuto, Penarik dan Teras Terunjam. Berbagai bibit tanaman holtikultura disediakan Yayasan Bina Tani Sejahtera Panah Merah. Salah satu produk unggulan adalah bibit bawang merah berupa biji. Selain bekerjasama dengan petani muda, tapi tidak meninggalkan petani senior.

Baca juga :   Terkait Pupuk Subsidi, BPP Panggil Pemilik Kios

‘’Kami buat Demplot bawang merah di Penarik, gagal akibat banjir. Ada juga Demplot di Rawa Mulya, dan berhasil hingga panen. Sekarang sedang uji coba di Karang Jaya, bersama pak Yansen, dalam proses,’’ jelas Rozanov.(dul)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img