Kamis, 19 Mei 2022
HeadlineTotal Investasi Pelabuhan Mukomuko Rp 573...

Total Investasi Pelabuhan Mukomuko Rp 573 Miliar, Bupati: Kita Optimis Terwujud

MUKOMUKO, radarmukomuko.com Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA optimis program pembangunan pelabuhan laut di kawasan Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu dapat terwujud.

Pelabuhan terminal angkutan barang yang dirancang dengan nilai investasi sekitar Rp 573 miliar tersebut, mendapat dukungan kuat dari para calon investor.

‘’Kita sangat optimis pelabuhan ini dapat terwujud. Beberapa calon investor sudah komitmen mendukung dan menyatakan siap berinvestasi pada pelabuhan yang kita rencanakan,’’ ungkap Bupati Sapuan ketika dikonfirmasi, Jum’at (6/5).

Terkait komitmen investasi pembangunan pelabuhan telah dibahas dalam pertemuan dengan para investor yang digelar di Jakarta pada 29 April 2022 lalu.

Baca juga :   Harus Bersinergi, Bupati dan Dewan Sejajar

Disampaikannya, pada pertemuan itu dijelaskan secara rinci bahwa rencana pembangunan pelabuhan bakal menggandeng beberapa investor di tingkat pusat dan para pemodal perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang beroperasi di wilayah Kabupaten Mukomuko. Selain itu, konsep investasi ini kolaborasi ini juga terdapat campur tangan daerah, berupa modal investasi dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Dijelaskan Bupati, dari perhitungan konsultan perencana, kegiatan pembangunan pelabuhan terminal angkutan barang berikut Desain Self Propelled Oil Barge (SPOB)nya bakal menelan nilai investasi lebih kurang Rp 573 miliar. Ditegaskan, dari total nilai investasi tersebut, 55 persen sumber modal dari investor, 5 persen dari BUMD dan 40 persen bersumber dari perusahaan PKS di wilayah Kabupaten Mukomuko.

Baca juga :   Dilarang Bukber, Safari Ramadhan Terancam Batal

‘’Untuk proyek fisik berikut dengan penyediaan angkutan berupa kapal sesuai dengan SPOB, berkisar Rp 573 miliar. Adapun 40 persen dari perusahaan PKS, nilainya tidak lah begitu besar, sekitar Rp 83 miliar,’’ sampainya.

Untuk diketahui, 60 persen dari dana investasi yang direncanakan investor, sudah dikategorikan aman. Tinggal lagi menunggu komitmen seluruh perusahaan PKS di Kabupaten Mukomuko. Menurut Bupati, semua manajemen perusahaan itu minta tempo dan bakal memberikan jawaban selambat-lambatnya pada akhir Mei mendatang.

‘’Artinya, akhir Mei nanti sudah ada jawaban dari semua pabrik PKS di Mukomuko, berapa persen dana dari masing-masing perusahaan yang bakal mereka investasikan. Yang lebih meyakinkan lagi, semua perusahaan PKS sangat mendukung terlaksanakan pembangunan pelabuhan. Ketika semua komitmen ini sudah memiliki kejelasan, diperkirakan Juni mendatang sudah action,’’ pungkasnya. (nek)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img