Kamis, 19 Mei 2022
HeadlineTMMD di Mukomuko, TNI Bangun 4...

TMMD di Mukomuko, TNI Bangun 4 Km Jalan Sidodadi – Mekar Sari

MUKOMUKO, radarmukomuko.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu dimulai. Pembukaan kegiatan secara resmi oleh Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA di Gedung Balai Daerah Mukomuko, Rabu (11/09/2022).

TMMD ke 113 tahun 2022 yang melibatkan 150 personel TNI dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko tersebut, terpusat di Desa Sidodadi, Kecamatan Sungai Rumbai. Sasaran kegiatan, pembukaan ruas jalan baru sepanjang 4 kilometer dengan lebar 8 meter. Kemudian 1 unit bangunan plat duiker dan pemasangan gorong-gorong di 4 titik lokasi.

Begitu disampaikan Dandim 0428/MM Letkol CZi Rinaldo Rusdy, S.IP didampingi Kepala DP2KBP3A Kabupaten Mukomuko, Jun Harto, SKM., Camat Sungai Rumbai Rudi Hartono dan Kades Sidodadi Sumaryatun disela peninjauan kegiatan di Desa Sidodadi, Sungai Rumbai, Rabu (11/09) sore.

‘’Syukur alhamdulillah, pak bupati secara langsung berkenan membuka kegiatan TMMD di Desa Sidodadi.  Sasaran kegiatan, melaksanakan pembukaan ruas jalan baru, dengan harapan, nanti transportasi orang maupun barang bisa lancar,’’ ungkap Dandim Rinaldo.

Baca juga :   Huda Pompa Semangat Masyarakat Lawan Covid-19

Ruas jalan baru yang dikerjakan pada kegiatan TMMD sepanjang 4000 meter dengan lebar 8 meter. Kata Dandim Rinaldo, dengan dibukanya akses jalan dengan lebar 8 meter ini, diharapkan kedepan dapat ditingkatkan menjadi jalan kabupaten.

‘’Jadi tidak hanya berhenti di sani saja. Harapan bisa dilanjutkan, ditingkatkan ke pengoralan.  Dan itu juga akan giring, dan kawal terus,’’ imbuhnya.

Selain pembukaan ruas jalan baru, juga termasuk dalam kesatuan kegiatan berupa pembangunan 1 unit plat duiker dan 4 unit gorong-gorong. Tiga item fisik tersebut, kata Dandim Rinaldo, tujuannya untuk memperlancar akses transportasi angkutan orang maupun barang, khususnya bagi warga setempat dan masyarakat Kabupaten Mukomuko pada umumnya. Besar harapan, dengan lancarnya akses transportasi ini dinilai dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Baca juga :   Program BSPS di Mukomuko Segera Rampung, Saburdi: Tahap Finishing

‘’Berbarengan dengan kegiatan TMMD, nanti juga bakal ada kegiatan tambahan. Kegiatan TNI Manunggal Air. Kegiatan ini berupa pembuatan sumur bor untuk masyarakat umum di Desa Sidodadi,’’ ujarnya.

Untuk sementara, kata Dandim Rinaldo, volume pekerjaan sudah terlaksana sekitar 46 persen. Khusus untuk pembukaan ruas jalan sudah terealisasi sekitar 1800 meter. Kelang waktu kerja 30 hari kedepan diperkirakan semua kegiatan dalam kesatuan TMMD dapat diselesaikan.

‘’Selain itu, juga terdapat 13 kegiatan non fisik. Dalam hal ini lebih difokuskan kepada program Keluarga Berencana, yang disinkronkan dengan program DP2KBPP dan P3A Mukomuko. Pesan kepada rekan-rekan TNI yang ditugaskan, bangun kemanunggalan dengan masyarakat. Membaur bersama masyarakat, baik dengan masyarakat Sidodadi maupun Mekar Sari,’’ ulasnya.

Ketika dimintai tanggapannya, Kades Sidodadi Sumaryatun, mengungkapkan bahwa atas nama pemerintahan desa dan masyarakat Sidodadi pada umumnya menyampaikan terima kasih dengan telah dilaksanakannya program TMMD di desanya. Diakuinya, program TMMD ini berangkat dari usulan masyarakat melalui Musrenbangdes.

Baca juga :   Dianjurkan Sudah Divaksin Saat Urus SIM dan SKCK

‘’Bersyukur sekali dengan kegiatan ini. Harapan kami kedepan, dengan pembukaan jalan ini bisa memperlancar akses kegiatan usaha tani dan masyarakat secara umumnya baik akses orang maupun barang. Secara kebetulan, akses jalan yang dibangun melalui TMMD ini dari Sidodadi tembus ke Mekar Sari,’’ ujarnya.

Senada disampaikan Camat Sungai Rumbai Rudi Hartono. Untuk kelancaran kegiatan ini, pihaknya siap mendukung penuh dan menjalin koordinasi untuk kelancaran pada setiap tahapan kegiatan.

‘’Sesuai intruksi bupati, kami senantiasa siap mendukung dan supor program ini. Dan senantiasa bersedia membangun koordinasi untuk kelancaran kegiatan. Harapan kita, kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar dan hasilnya mengundang kebermanfaatan sesuai dengan tujuan awal untuk kelancaran transportasi dan peningkatan ekonomi masyarakat,’’ pungkasnya. (nek/adv)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img