Kamis, 19 Mei 2022
Mukomuko KotaNuansa Adat Hiasi Sidang Paripurna Hari...

Nuansa Adat Hiasi Sidang Paripurna Hari Jadi ke 19 Mukomuko

MUKOMUKO, radarmukomuko.com – Rapat paripurna istimewa peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Mukomuko dilangsungkan pada 24 Februari 2022, dengan mengedepankan suasana adat istiadat Mukomuko.

Tidak hanya dari kostum, ruang rapat paripurna juga dihiasi singgasana anak daro dan anak marapulai.

Sekretaris dewan, Drs.H.Ruslan,M.Pd mengakui paripurna istimewa HUT kabupaten ke-19 dilaksanakan dengan sedikit berbeda dari sebelumnya. Perbedaannya terletak pada dimunculkannya prosesi adat istiadat, yaitu menampilkan pasangan anak daro serta diarak memasuki ruang paripurna. Selanjutnya juga dilaksanalan prosesi panggil gelar adat yang memang merupakan salah satu ciri khas adat Mukomuko.

‘’Biasanya pakaian yang  digunakan menggunakan nuansa adat, sekarang kita benar-benar tampilan seperti apa prosesi adat di Mukomuko khususnya untuk pasangan anak daro dan marapulai. Nanti akan dilakukan pemanggilan gelar adat atau bahasa Mukomuko nya, pangggi gela,’’ kata Ruslan.

Baca juga :   Satres Narkoba Mukomuko Ringkus 3 Terduga Narkotika

Ketua DPRD Mukomuko, Ali Saftaini,SE juga mengatakan, menampilkan adat istiadat dalam paripurna kali ini, sengaja mereka lakukan untuk memperlihatkan keunikan adat Mukomuko pada para tamu yang hadir. Yang paling penting lagi, supaya adat Mukomuko terus terjaga secara turun-temurun. Adat budaya Mukomuko cukup banyak, tapi untuk kali ini mereka tampilkan anak daro dan imbau gela adat.

‘’Imbau Gela ini merupakan salah satu tradisi adat di daerah kita ini. Kita bangkitkan lagi karena selama ini hampir punah. Anak Daro  sama Marapulai juga akan ditampilkan. Kita berhadap kedepannya akan terus dipakai pada momen besar daerah,’’ tutupnya.(nek/adventorial/DPRD Mukomuko)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img