Kamis, 26 Mei 2022
DaerahSungai Rumbai Fokus Evaluasi RAPBDes

Sungai Rumbai Fokus Evaluasi RAPBDes

SUNGAI RUMBAI,radarmukomuko.com Pemerintah Kecamatan Sungai Rumbai, terus mengevaluasi berkas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPBDes). Desa yang sudah evaluasi diminta untuk segera memperbaiki atau merevisi. Kemudian masing-masing desa diinstruksikan untuk menyampaikan ke

Bagian Hukum Setdakab Mukomuko untuk mendapatkan persetujuan dan Nomor register APBDes. Selanjutnya desa harus mempercepat menyampaikan pengajuan pencairan tahap I Tahun Anggaran (TA) 2022.

Camat Sungai Rumbai, Rudi Hartono, SH mengatakan, sebelumnya dua desa sudah selesai menyampaikan pengajuan. Yaitu, Desa Banjar Sari dan Desa Talang Gading. Bahkan Desa Banjar Sari saat ini sudah melakukan pencairan. Dan saat ini Desa Banjar Sari sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama tahun 2022. “Dua desa sudah selesai pengajuan. Untuk Desa Banjar Sari sekarang sudah mulai merealisasikan anggaran. Karena desa tersebut sudah melakukan pencairan,” kata Rudi Hartono.

Baca juga :   Penyusunan RAPBDes se Pondok Suguh Sesuai Titah Bupati

Sambungnya, untuk 7 desa yang belum menyampaikan pengajuan ini. Masih dalam proses menyelesaikan penyusunan APBDes. Beberapa desa diantaranya sudah melakukan evaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi. Pihaknya berharap desa yang belum pengajuan ini melakukan percepatan dan mengejar ketinggalan lainnya. “Beberapa desa saat ini sedang melengkapi hasil evaluasi. Karena kemarin beberapa APBDes milik desa sudah kita evaluasi dan tinggal menindaklanjuti hasil evaluasi,” jelas Rudi.

Sementara Kades Talang Gading, Effendi mengatakan, sejauh ini Desa Talang Gading sudah menyampaikan usulan pengajuan. Saat ini pihaknya tengah menyusun jadwal dan persiapan penyaluran BLT-DD tahap pertama. “Kalau pengajuan sudah selesai. Malahan sudah lama. Tetapi kita belum melakukan pencairan. Kalau tidak ada halangan mungkin minggu depan kita sudah bisa menyalurkan BLT-DD tahap pertama. Demikian juga dengan kegiatan lain. Kedepan juga mulai direalisasikan,” imbuhnya. (ide)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img