Kamis, 26 Mei 2022
HeadlineSilaturahmi, Dandim dan Bupati Pertegas Kontribusi...

Silaturahmi, Dandim dan Bupati Pertegas Kontribusi Insan Pers

MUKOMUKO – Sambut Hari Pers Nasional (HPN) 2022. Dandim 0428/Mukomuko Letkol Czi, Rinaldo Rusdy, S.IP gagas suasana keakraban bersama para ‘’kuli tinta’’, melalui kegiatan silaturahmi dan ramah tamah dengan insan pers, Jum’at (04/02).

Kegiatan ini diselenggarakan di Makodim 0428/MM. Dihadiri setidaknya 50 orang insan pers dari berbagai media massa di Kabupaten Mukomuko.

Tak kalah penting, Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA, Ketua DPRD Mukomuko M. Ali Saftaini, SE, Kapolres Mukomuko AKBP Witdiardi, S.IK, MH, Kajari Mukomuko Rudi Iskandar, SH, MH dan Sekda Mukomuko Drs. Yandaryat Priendiana, serta Plt. Kadis Kominfo Mukomuko Iskameri, S.Pd, M.Si turut hadir di barisan terdepan.

“Selamat Hari Pers Nasional, yang rangkaian dimulai 5 sampai 10 Februari 2022. Dengan puncaknya pada 9 Februari 2022 nanti,” kata Dandim Rinaldo Rusdy, mengawali sambutannya.

Baca juga :   Bupati Minta Media Beritakan Kondisi Nyata Daerah

Pada kesempatan ini, Dandim Rinaldo Rusdy turut mengutarakan pendapatnya tentang karya insan pers. Baginya, disamping memuat informasi, karya-karya jurnalistik yang dimuat dalam media massa mengedukasi, merupakan bagian dari jendela ilmu pengetahuan. Sedangkan insan pers, merupakan agen jiwa-jiwa kebangsaan, persatuan dan kesatuan. Selain itu, insan pers juga merupakan agen dalam meminimalisir terjadinya hal-hal yang bisa mengancam stabilitas keamanan.

“Media adalah jendela ilmu bagi saya. Terima kasih pada semuanya yang selama ini sudah konsisten berkontribusi, bersama-sama membawa kemajuan Kabupaten Mukomuko,” ujarnya.

Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA mengapresiasi atas gagasan Dandim 0428/MM, membangun suasana keakraban melalui kegiatan silaturahmi ini. Ajang silaturahmi ini, ruang tepat dalam berbagi informasi, saling tukar informasi serta sumbang saran untuk kemajuan daerah.

Perlu disadarai, laju pembangunan di Mukomuko tak lepas dari peran serta dan kerjasama yang baik dengan semua pihak, termasuk insan pers melalui karyanya. Bupati mengakui, kontribusi dari karya jurnalistik sangatlah besar. Cukup membantu daerah dalam hal memuluskan lobi politik anggaran yang digencarkan selama ini.

Baca juga :   Siarkan Imbauan Pilkada Damai dan Demokratis

“Jadi bukan saja jendela ilmu, bagi saya pers ini justru menjadi ujung tombak untuk memajukan Kabupaten Mukomuko,’’ ulasnya.

Karya insan pers cukup menentukan arah kebijakan pembangunan. Diakuinya, ia sempat merasakan sendiri kenyataan dari kontribusi karya insan pers, seketika menemui pejabat kementerian. Karya-karya insan pers menjadi bagian dari acuan pusat, dari segi kebutuhan anggaran pembangunan. Meski sudah berulang kali koordinasi, lobi anggaran tanpa didukung dengan karya insan pers yang menyatakan bahwa daerah benar-benar butuh pembangunan, pusat acap berdalih dan cenderung membantu daerah lain yang dianggap lebih membutuhkan.

“Informasi mengenai daerah yang diterbitkan di media, dikliping. Masing-masing kementerian punya kliping media massa yang terbitan, baik online maupun cetak. Bayangkan, saat kami datang menghadap, mereka sudah bahan duluan. Kalaulah media tidak menyuarakan apa sangat dibutuhkan daerah, seolah-olah pusat menganggap usulan kita tidak begitu urgen. Sehingga, kecenderungan pusat mengarahkan anggaran ke daerah yang benar-benar dinilai sangat membutuhkan,’’ paparnya.

Baca juga :   Siarkan Imbauan Pilkada Damai dan Demokratis

Dengan demikian, bupati sangat berharap insan pers terus mendorong laju pembangunan Kabupaten Mukomuko, dengan memuat informasi berimbang, sesuai fakta. Selain itu, terus menyuarakan kebutuhan pembangunan di daerah secara massif.

‘’Daerah kita masih sangat membutuhkan sentuhan pembangunan. Untuk mendorong itu, perlu dukungan kawan-kawan pers. Senantiasa memberitakan tentang kondisi masyarakat kita yang masih sangat berharap laju pembangunan,’’ demikian Bupati. (nek)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img