Rabu, 18 Mei 2022
DaerahSeribu Hektare Lahan Sawit Diusulkan jadi...

Seribu Hektare Lahan Sawit Diusulkan jadi Lahan Persawahan

MUKOMUO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko kembali mengusulkan program cetak sawah baru  seluas 1000 hektare (Ha) kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu. Program cetak sawah baru ini, fokus alih fungsi lahan perkebunan kelapa sawit masyarakat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST., MT., kepada harianradarmukomuko.com, Jum’at sore (31/12/2021) lalu. Ditegaskan Apriansyah, daerah bersifat mengusulkan, dan persiapan anggaran kegiatan cetak sawah baru juga melalui pemerintah provinsi.

‘’Seribu hektare lahan perkebunan sawit yang kita usulkan untuk program cetak sawah baru ini, merupakan sisa hasil SID (Survei Investigasi Desain) yang sebelumnya telah dilaksanakan. Ada sisa lahan sawit milik masyarakat petani yang telah disurvey seluas 1400 hektare, namun sementara ini yang kita usulkan hanya 1000 hektare,’’ ungkap Apriansyah.

Baca juga :   Kelola Wisata Alam Disparpora Kerjasama Dengan Kehutanan

Apriansyah menjelaskan, seperti biasanya alokasi program cetak sawah baru ini dilaksanakan melalui kegiatan dan anggaran yang bersumber dari tugas perbantuan. Dengan demikian, ia berharap pemerintah provinsi dapat mengakomodir usulan dari Kabupaten Mukomuko. Merujuk dari usulan tersebut, juga akan dilakukan pengecekan koordinat lokasi lahan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi, sebagai syarat usulan calon penerima program.

‘’Harapan kita usulan ini dapat diakomodir, untuk menambah luasan lahan pangan di wilayah Kabupaten Mukomuko,’’ demikian Apriansyah. (nek)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img