Rabu, 18 Mei 2022
HeadlineSawit Hilang, Petani Miskin Asal Teramang...

Sawit Hilang, Petani Miskin Asal Teramang Jaya Berlinang Air Mata

MUKOMUKO, harianradarmukomuko.com Pelaku pencurian Tandan Buah Segar (TBS) di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu layak dijuluki ‘’si raja tega’’. Mereka tak pandang bulu dalam melancarkan aksinya. Bejatnya lagi, mereka sampai hati mencuri TBS milik petani dari keluarga miskin.

Seperti yang dialami Tumino (40), suami dari Mely (39), Rumah Tangga Miskin (RTM) asal Desa Pernyah, Kecamatan Teramang Jaya.  Sabtu (12/02) siang kemarin, TBS yang baru saja dipanen dari kebun miliknya, diketahui hilang.

‘’Saya panen hari Jum’at. Dapatnya diperkirakan sekitar 700 kilo. Belum dijual karena panennya kesorean. Paginya, saya menghubungi toke (pengumpul,red) langganan, untuk menjual sawit saya. Tahu-tauanya sampai di kebun, sawitnya sudah hilang di tumpukan,’’ ungkap Tumino.

Baca juga :   Bupati Siapkan Pengganti Kadis Pertanian

Disertai linangan air mata, Tumino menceritakan. Sesuai rencananya, uang yang didapatkan dari penjualan TBS ini bakal digunakan untuk beli beras dan kebutuhan lainnya.

‘’Sangat sedih, anak dan istri saya menunggu saya pulang membawa beras. Harapan saya, setelah jual sawit ini, baru ke warung untuk beli beras. Malah begini jadinya,’’ lirihnya.

Salah seorang toke sawit, Tomi, warga Berangan Mulya, turut hadir di lokasi bersama Tumino. Menyaksikan hilangnya TBS milik langganannya. Tomi mengakui, dirinya telah mengetahui bahwa Tumino panen sawit sehari sebelum kejadian. Pengakuan Tomi, biasanya setiap usai panen, ia selalu menjemput sawit milik langganannya. Untuk kali ini, memang sedikit terlambat, dengan alasan Tomi, mobil miliknya mengalami kerusakan dan harus diperbaiki ke bengkel.

Baca juga :   Pengembangan Ikan Gurami, Didanai DAK Rp 150 Juta

‘’Sebelumnya, Tumino memang sudah beri tahu ke saya, bahwa dia (Tumino) sudah panen. Saya tidak bisa langsung jemput, karena mobil sedikit mengalami kerusakan. Sekita pukul 11.00 WIB, Tumino mengajak saya menimbang sawit milik. Malah sampai di lokasi, sawit Tumino sudah hilang,’’ aku Tomi.

Perkebunan sawit milik Tumino, berlokasi di sekitar kawasan Simpang Sako, Desa Pondok Baru, Kecamatan Teramang Jaya. Berjarak sekitar 7 kilometer dari permukiman warga Desa Lubuk Silandak. Dari pantauan harianradarmukomuko.com, sebelumnya diketahui adanya bekas jejak mobil roda empat masuk ke kawasan perkebunan Tumino. Kuat dugaan, pelaku pencurian TBS ini, menggunakan kendaraan jenis mobil. (nek)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img