Kamis, 19 Mei 2022
Mukomuko KotaSah!! Gelombang Kedua Dana Desa Di...

Sah!! Gelombang Kedua Dana Desa Di Kabupaten Mukomuko untuk 14 (Empat Belas) Desa Sudah Cair

MUKOMUKO, radarmukomuko.com Bulan Maret menjadi Bulan yang menggembirakan bagi sebagian penduduk desa di Kabupaten Mukomuko. Desa Arga Jaya, Desa Bukit Mulya, Desa Marga Mulia di Kecamatan  Air Rami; Desa Karang Jaya dan Desa Setia Budi di Kecamatan Teras Terunjam; Desa Kota Praja di Kecamatan Air Manjunto, Desa Lubuk Mukti dan Sido Mulyo di Kecamatan Penarik, Desa Lubuk Sanai III Kecamatan XIV Koto, Desa Resno Kecamatan V Koto, DesaSido Makmur di Kecamatan Teramang Jaya, Desa Talang Gading di Kecamatan Sungai Rumbai, serta Desa Tanjung Alai di Lubuk Pinang menjadi 14 Desa selanjutnya yang telah menerima pencairan Dana Desa dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap I Periode Tahun Anggaran 2022.

Baca juga :   Tempat Hiburan Malam Menjamur

Sebelumnya, pada bulan Februari 2022, tercatat 9 (sembilan) Desa telah berhasil memperoleh pencairan/penyaluran Dana Desa Tahap I baik BLT maupun Non BLT. meliputi Desa Rawa Mulya, Lubuk Sanai II, Sari Makmur, Maju Makmur, Marga Mulya Sakti, Sumber Mulya, Bukit Harapan, Marga Mukti, dan Bukit Makmur. Total nilai penyaluran Dana Desa Tahap I di Kabupaten Mukomuko untuk kesembilan desa tersebut mencapai Rp. 2.106.840.000,- dari total Pagu Dana Desa Tahun 2022 sebesar Rp. 114.015.607.000,-

Pada kali ini, Dana Desa Non BLT sebesar Rp2.198.536.160,00 dan Dana BLT sebesar Rp950.400.000,- telah kembali berhasil dicairkan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mukomuko berdasarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) tertanggal 18 Maret 2022. Keseluruhan uang dana desa, baik BLT maupun non BLT dimaksud langsung masuk ke rekening desa yang dikelola oleh masing-masing pemerintah desa. Prosedur ini dilaksanakan dalam rangka memperlancar dan mempercepat penyalurannya sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh seluruh desa.

Baca juga :   Buaya Ditangkap Warga Mukomuko Diserahkan ke BKSDA Bengkulu

“Alhamdulillah Kami berhasil kembali mencairkan kembali dana desa untuk empat belas di Kabupaten Mukomuko, setelah pada Februari lalu kami juga sudah berhasil menyalurkannya ke sembilan desa,” ujar Rusli.  Menurut Rusli, keberhasilan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan dalam upaya mendukung penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat khususnya pada masyarakat desa.

“Saya berharap kepada desa-desa yang belum mengajukan dokumen pencairan dana desanya untuk segera melengkapi dan menyampaikan dokumen dimaksud ke KPPN Mukomuko melalui Badan Keuangan Daerah Kabupaten Mukomuko, karena pemerintah desa juga perlu mengingat target terutama target BLT sebesar 40% juga harus terpenuhi agar setiap desa terhindar dari relokasi anggaran BLT ke desa lain,” lanjut kata Rusli.

Baca juga :   Asmara Belum Terlaksana, Dewan Malu Turun Reses

Selain itu, Rusli juga berterimakasih kepada jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko yang telah mendorong pemerintah desa untuk segera menyelesaikan pengajuan pencairan  Dana Desa (DD) tahap I. Beliau juga optimis, dengan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko yang selama ini sudah terjalin dengan baik, target penyaluran Dana Desa di tahun 2022 dapat tercapai dengan baik dan penyalurannya dapat berjalan dengan lancar. (adetya)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img