Selasa, 17 Mei 2022
HeadlineUMJ Teken Kesepakatan Bersama dengan Pemkab...

UMJ Teken Kesepakatan Bersama dengan Pemkab Mukomuko

MUKOMUKO, radarmukomuko.com Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) jalin kesepakatan bersama implementasi tri dharma perguruan tinggi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko. Kesepakatan bersama ini ditandatangani di ruang rapat Kantor Bupati Mukomuko, Selasa (22/03) siang.

Adapun MoU kesepakatan bersama nomor 186/R.UMJ/II/2022 dan Nomor 130/ KB/B.I 2022 tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA selaku pihak pertama dan Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si selaku pihak kedua.

Dihadiri Ketua DPRD Mukomuko, M. Ali Saftaini, SE, perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag Mukomuko), Kacabdin Wilayah IV Mukomuko, para staf ahli dan Asisten Setdakab Mukomuko, Kepala OPD serta perwakilan sekolah tingkat SMA, SMK dan MA.

Turut hadir, Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, SH., MH, Wakil Dekan II FISIP UMJ Dr. Joni Gunanto, M.Ip dan Wakil Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan UMJ Dr. Syamsul Anwar.

Baca juga :   Disdikbud Tunda Vaksin Sebagai Persyaratan Masuk Sekolah

Dalam sambutannya, Bupati Sapuan menyampaikan, bahwa kerjasama pemerintah daerah dengan UMJ ini, memberi ruang kemudahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non-ASN di Kabupaten Mukomuko untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi.

Dimana, UMJ merupakan perguruan tinggi yang memiliki jaringan yang luas, dan sudah terbukti melahirkan alumni-alumni yang berprestasi sesuai bidangnya. Diakui Bupati, banyak dari keluarganya jebolan UMJ yang bisa dikategorikan berhasil.

‘’Dengan adanya kerjasama ini, kesempatan bagi ASN maupun non-ASN untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,’’ ungkapnya.

Sebagai gambaran, Kabupaten Mukomuko terdiri dari 15 kecamatan, 148 desa dan 3 kelurahan. Dengan jumlah penduduk lebih kurang 190 ribu jiwa. Sebagian besar sumber ekonomi masyarakat Mukomuko dari sektor perkebunan dan pertanian. Terkhusus untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi, umumnya ke luar daerah.

Baca juga :   Di Mukomuko, Belajar Tatap Muka Kembali Ditunda

‘’Tentunya, ini peluang bagi UMJ. Informasi yang kita sampaikan ini dapat menambah bahan evaluasi dan kajian dalam pengembangan perguruan tinggi kedepan, terkhusus bidang perkebunan, budidaya perkebunan dan tenaga penyuluh,’’ paparnya.

UMJ Tawarkan Beasiswa Kuliah bagi Warga Mukomuko

Rektor UMJ Dr. Ma’mun Murod, M.Si menjelaskan bahwa dengan adanya MoU kerjasama ini, UMJ akan memberikan beasiswa kuliah kepada  10 orang mahasiswa S1 yang berasal dari Kabupaten Mukomuko. Keistimewaan lain, mahasiswa yang mendapatkan jatah beasiswa, juga akan diberlakukan secara khusus, termasuk penyediaan fasilitas asrama.

‘’Beasiswa berasal dari KIP kuliah, itukan dari pemerintah. Dan kita hanya sifatnya memfasilitasi. Secara khusus kita berikan ke Mukomuko sekitar 10 orang,’’ sampai Rektor.

Baca juga :   K3S Mukomuko Sosialisasi Juknis BOS 2021

Tidak hanya Mukomuko, kata Rektor, pemberian beasiswa ini berlaku bagi mahasiswa, ASN maupun guru dari kabupaten lain yang bupatinya sudah ada MoU dengan UMJ.

‘’Program beasiswa ini hanya untuk S1 dan MoU nya berlaku selama 5 tahun. Sementara khusus S2, UMJ hanya memberikan dispensasi biaya kuliah sesuai dengan ketentuan,’’ ulasnya.

Pada kunjungan juga silaturahmi sekaligus membina hubungan relasi dengan Pemerintah Kabupaten Mukomuko khususnya dibidang pengembangan dan peningkatan SDM ini, Rektor juga menyisipkan pesan.

‘’Saya sering mengatakan bahwa, kalau kita mau maju idealnya dengan meningkatkan kualitas SDM. Dengan SDM yang baik, maka tentu pola pikir dan cara kerja akan mengikuti pengetahuan yang diperolehnya,’’ pungkasnya. (nek)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img