Sabtu, 25 Juni 2022
Mukomuko KotaRealisasi Pendapatan Asli Daerah Baru 25...

Realisasi Pendapatan Asli Daerah Baru 25 Persen

BKD Pasang Alat Pemantau Pajak

MUKOMUKO – Hingga kini realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pajak, retribusi daerah, dan pendapatan lain-lain baru mencapai 25 persen. Sedangkan target PAD yang ditetapkan tahun ini yakni Rp 63,9 miliar. Target ini sedikit lebih kecil dari tahun sebelumnya sebesar Rp 68,3 miliar. Target PAD tahun ini diturunkan karena kondisi wajib pajak sejak 2020 sampai sekarang masih sulit karena pandemi Covid-19. Meskipun demikian pihak Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko optimistis pendapatan asli daerah  mencapai target.

‘’Sampai sekarang realisasi pendapatan daerah memang baru sekitar 25 persen dari Rp 63,9 miliar. Tapi kita optimis pendapatan daerah tahun ini mencapai target yang ditetapkan,’’ kata Sekretaris BKD Mukomuko, Kasimin.

Baca juga :   Hampir Final, Sapuan Borong Kursi Parpol

Lanjutnya, berbagai upaya yang dilakukan pihaknya untuk meningkatkan PAD. Diantaranya mengoperasikan 25 alat yang memantau pajak secara online di rumah makan, restoran dan hotel. Ia berharap adanya kesadaran dari pelaku usaha hotel dan rumah makan untuk menggunakan alat tersebut pada setiap melakukan transaksi. Menurutnya, sampai sekarang pihaknya belum memiliki sumber daya yang memadai untuk mengawasi terutama hotel dan rumah makan yang telah dipasang alat tersebut.

‘’Saya berharap dengan adanya alat ini, semua transaksi pembayaran di tempat usaha bisa terpantau dan dapat meningkatkan PAD. Transaksi pembayaran itu harus di-input, kalau ada transaksi manual bukti pembayaran di-input bisa terpantau lewat HP dan layar komputer,’’ tutup Kasimin. (api)

Berita Terkait

spot_img
spot_imgspot_img

Berita Terbaru

error: Alert: Content is protected !!