Rabu, 18 Mei 2022
Mukomuko KotaPWI Mukomuko Wajibkan Anggotanya UKW

PWI Mukomuko Wajibkan Anggotanya UKW

MUKOMUKO – Kabar baik bagi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), pada Maret nanti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu kembali melaksanakan uji kompetensi wartawan (UKW). Kegiatan ini bersamaan dengan peringatan hari pers nasional (HPN) tahun 2022. UKW yang digelar PWI tersebut gratis atau tidak dipungut biaya apapun. Tujuannya dalam rangka meningkatkan profesionalitas wartawan dalam melaksanakan tugas profesinya. Tambahkan lagi dengan kebijakan pemerintah yang mulai menerapkan kewajiban lulus uji kompetensi bagi wartawan untuk dapat menjalankan tugasnya.

Ketua PWI Provinsi Bengkulu, Marsal Abadi mengungkapkan UKW yang digelar tersebut akan mengakomodir kuota sebanyak 48 peserta yang akan dibagi menjadi 8 kelompok, terdiri dari wartawan muda, madya dan utama. Sebelum mengikuti UKW para peserta juga akan diikutkan dalam pelatihan Pra UKW yang difasilitasi PWI dan Dewan Pers.

Baca juga :    Kok Meriang lagi

‘’PWI konsentrasi dalam peningkatan kapasitas dan profesionalitas wartawan, salah satunya adalah kami memfasilitasi kawan-kawan wartawan ikut  uji kompetensi (UKW) baik yang akan mengikuti uji kompetensi wartawan muda maupun yang akan meningkatkan kapasitas pada jenjang berikutnya, silakan segera mendaftar di sekretariat PWI,’’ kata Marsal.

Ia menambahkan untuk syarat dan pendaftaran, calon peserta bisa langsung datang ke sekretariat PWI. Salah satunya adalah melampirkan surat keterangan perusahaan media, tidak menjadi anggota Parpol dan melampirkan pengalaman jurnalistik.

‘’Bagi yang berminat sudah bisa bersiap, kita minta PWI di kabupaten membantu menyampaikan ke kawan-kawan wartawan di daerah,’’ paparnya.

Baca juga :   SK PAW Dewan NasDem Diajukan ke Gubernur

Ketua PWI Mukomuko, Budi Hartono,SP mengaku sudah menyampaikan pada seluruh anggota PWI Mukomuko terkait UKW. Rencananya ada beberapa orang yang akan ikut, baik untuk muda, madya maupun utama. UKW bagi anggota PWI termasuk diwajibkan, karena akan menjadi syarat menjadi wartawan profesional.

‘’Umumnya anggota PWI Mukomuko sudah UKW tingkat muda, masih ada tiga orang yang belum, akan kita minta ikut. Kemudian juga ada yang akan ikut madya dan utama,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img