Kamis, 26 Mei 2022
Mukomuko KotaPilkades, Dewan Minta Pemda Lebih Hati-Hati

Pilkades, Dewan Minta Pemda Lebih Hati-Hati

MUKOMUKO, radarmukomuko.com – Pemerintah daerah tengah melaksanakan tahapan Pikades serentak untuk 64 desa. Terkait hal ini, dewan berharap pemerintah lebih hati-hati dan mengevaluasi dari pilkades selumnya. Karena Pilkades kali ini lebih besar, dilihat dari jumlah desa yang terlibat, tentu juga peluang munculnya persoalan-persoalan lebih besar lagi.

Dikatakan ketua DPRD Mukomuko Ali Saftaini,SE ia menilai pemerintah daerah atau panitia kabupaten, sudah lebih terbuka dengan dibuktikan dilakukan rapat koordinasi. Maka harapannya apa yang sudah disampaikan bersama-sama dapat dilaksanakan untuk suksesnya Pilkades. Kelemahan pada pilkades sebelumnya harus menjadi pelajaran supaya tidak terjadi lagi.

Baca juga :   Warga Koto Jaya Prihatin Atas Temuan Bungkus Komix

‘’Kita berterimakasih karena panitia sudah lebih terbuka dengan semua unsur, maka diharapkan pelaksanaan Pilkades kali ini berjalan lancar, maka harus hati-hati dan cermat,’’ katanya.

Lanjutnya, pelaksanaan Pilkades harus tepat waktu, artinya tahapan yang sudah dibuat benar-benar diikuti. Salah satu yang rawan adalah pada tahap pencalonan, maka semua panitia, baik kabupaten maupun desa, melakukannya dengan hati-hati. Kemudian soal mata pilih dan sesudah pencoblosan.

‘’Seperti kemarin, soal pencalonan ini kerap menjadi perdebatan, karena satu desa bermasalah, juga membuat fokus untuk pemantauan pelaksanaan di desa lain sedikit terganggu,’’ tuturnya.

Masih disampaikan Ali, terpenting lagi terkait penganggaran, dewan sudah menganggarkan sesuai kebutuhan. Maka silahkan gunakan secara baik sesuai peruntukan. Jika memang ada anggaran untuk panitia desa, cepat diberikan, supaya tahapan mereka berjalan lancar.

Baca juga :   Komisi III Pertanyakan Rencana Pengurangan Honda

‘’Pendanaan kadang juga kerap membuat kelambatan pada panitia di tingkat desa, maka harus dipastikan pencairan dana untuk panitia tepat waktu. Termasuk kesiapan dana yang dibebankan di APBDes,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img