Kamis, 26 Mei 2022
Mukomuko KotaPilkades 64 Desa Dilaksanakan Juni 2022

Pilkades 64 Desa Dilaksanakan Juni 2022

MUKOMUKO – Bagi yang minat jadi peserta calon Kades pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Mukomuko tahun 2022, agaknya sudah bisa hitung-hitung. Bersiap diri mulai dari sekarang.

Pasalnya, pesta demokrasi tingkat desa ini sudah masuk agenda Pemkab Mukomuko. Kabar teranyar, Pilkades di 64 desa bakal dihelat pada Juni 2022, mendatang.

‘’Pilkades serentak di 2022, sedang dibahas. Untuk jadwal pelaksanaan sudah ada gambaran, sekitar bulan Juni nanti,’’ ungkap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si, Rabu (19/01/2022).

Simpul pertimbangan Pilkades dihelat pada bulan Juni, untuk menghindari pengangkatan Penjabat (Pj) Kades pada desa yang menyelenggarakan pemilihan. Menurut Abdiyanto, dari data terhimpun, pada umumnya Kades di 64 desa peserta Pilkades akan berakhir pada Juni nanti.

Baca juga :   Kegiatan Desa Diminta Utamakan Padat Karya

‘’Artinya, tidak ada pengangkatan penjabat sementara. Selama tahapan dan proses berlangsung, calon Kades incumbent hanya mengajukan cuti kampanye sampai pemilihan, dan selama Kades definitif cuti, pemerintahan di tingkat desa akan dipimpin pelaksana harian,’’ imbuhnya.

Ditegaskannya, pun demikian setelah hasil Pilkades final, dan tidak ditemukan persoalan akan segera diagendakan untuk pelantikan.

‘’Setelah penetapan calon Kades terpilih, langsung segera diproses. Diajukan untuk menjalani proses pelantikan. Pelantikan ini langsung diagendakan untuk serah terima jabatan dengan Kades periode sebelumnya,’’ demikian Abdiyanto. (nek)

 

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img