Kamis, 19 Mei 2022
Mukomuko KotaPeserta Rekor MURI Batik Diprediksi Melebihi...

Peserta Rekor MURI Batik Diprediksi Melebihi Target

MUKOMUKO, harianradarmukomuko.com – Sesuai jadwal, hari ini akan dilaksanakan pencatatan rekor MURI penggunaan batik etik atau batik Mukomuko oleh anak PAUD atau TK. Target awal, peserta yang diikutkan sebanyak 3000 orang, namun diperkirakan lebih, yaitu mencapai 4.500 peserta. Sebab hasil evaluasi terakhir, setiap kecamatan rata-rata pesertanya diatas 200 orang. Untuk persiapan penilaian oleh tim MURI, diklaim sudah final, yaitu lewat zoom untuk 14 kecamatan dan penampilan langsung sebagian peserta di lapangan kantor Bupati Mukomuko.

Ketua TP-PKK Mukomuko, Ny.Hj.T.Nurliyana Habsjah Sapuan menjelaskan, berkat kerjasama dan dukungan semua pihak, untuk persiapan rekor MURI sudah clear, tinggal menunggu proses penilaian oleh tim MURI. Ia juga mengatakan antusias masyarakat atau pihak PAUD untuk ikut serta menyukseskan acara ini cukup tinggi, sehingga diprediksi jumlahnya melebihi target awal.

Baca juga :   Jaringan Internet Bisa Menjadi Kendala Pencatatan Rekor MURI Batik

‘’Target kita 3000 peserta atau 200 orang per-kecamatan, ternyata yang mau ikut lebih banyak, umumnya setiap kecamatan lebih dari 200 orang bahkan ada yang mencapai 300 peserta lebih. Maka perkiraan totalnya bisa mencapai 4000 orang lebih,’’ kata wanita yang akrab disapa Liya Sapuan ini.

Lanjutnya, setiap peserta yang ikut dalam pencatatan rekor MURI akan diberikan piagam penghargaan. Lebih penting lagi, target dari kegiatan ini adalah bagaimana memperkenalkan batik Mukomuko lebih luas, hingga tingkat nasional. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari HUT Kabupaten Mukomuko ke-19.

‘’Dengan masuk dalam rekor pencatatan MURI, nama daerah dan terkhusus lagi batik milik Kabupaten Mukomuko akan dikenal secara luas. Kita berterimakasih pada semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan ini,’’ paparnya.

Baca juga :   Pemda Mukomuko Daftarkan HKI Dua Motif Batik Hasil Sayembara

Kadis Kominfo, Iskameri,S.Pd,M.Si sebelumnya memastikan untuk persiapan penilaian sudah clear. Untuk antisipasi signal macet saat acara dilaksanakan, pihaknya sudah menyiapkan rekaman video penampilan peserta di 15 kecamatan. Penilaian akan dilakukan oleh tim MURI lewat aula Kominfo.

‘’Untuk penilaian tidak kendala lagi, semua sudah disiapkan di ruang aula kominfo,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img