Rabu, 18 Mei 2022
Mukomuko KotaPerpanjangan Izin HGU DDP Air Berau...

Perpanjangan Izin HGU DDP Air Berau Sudah Diproses

MUKOMUKO – Seperti dikabarkan, belakangan ini sekelompok warga Desa Air Berau, Kecamatan Pondok Suguh, dan sekitarnya, menggelar aksi penolakan terhadap perpanjangan izin Hak Guna Usaha (HGU) PT. Daria Dharma Pratama (DDP di wilayahnya. Namun agaknya, penolakan ini tidak menjadi kendala bagi perusahaan untuk terus mengurus izin penguasaan lahan. Informasinya izin HGU yang berakhir akhir tahun kemarin, sekarang sudah proses perpanjangan.

Bagian Humas PT.DDP Samirana mengatakan sesuai dengan ketentuan, karena izin pertama sudah berakhir, perusahaan diberi kesempatan melanjutkan perpanjangan HGU. Sekarang sudah diproses, pengukuran kembali lahan telah selesai, juga rekomendasi dari pemerintah, semuanya lengkap.

Baca juga :   HGU Perlu Disesuaikan Dengan Perkembangan

‘’Proses perpanjangan izin sesuai dengan ketentuan, dibicarakan dengan pemerintah dan ada pengukuran lahan, itu semua sudah dilakukan. Dari perusahaan sudah lengkap semua,’’ kata Samirana.

Terus menganggapi aksi penolakan dari warga, Samirana mengakui ada sekelompok warga yang berbeda pendapat dan menurutnya, hal sepeti ini biasa terjadi. Prinsipnya perusahaan mengikuti prosedur sebagaimana mestinya. Ia yakin secara bertahap semua memahami dampak positifnya kehadiran perusahaan di wilayahnya. Mengenai kabar warga mulai menguasai lahan dan memanen sawit perusahaan ini, Samirana mengakui sempat ada informasi, tapi tidak dilalukan, karena ada petugas yang mengingatkan.

‘’Ada sekelompok orang yang masih menolak, selagi dilakukan dengan wajar, kami pikir tidak ada persoalan. Kalau terjadi pelanggaran hukum, tentu prosesnya juga oleh penegak hukum. Kalau yang memanen belum ada, memang sempat ada informasi, tapi belum terjadi,’’ paparnya.

Baca juga :   Dinas Pastikan Izin HGU DDP Bunga Tanjung Sudah Berakhir

Terus mengenai tuntutan warga yang menolak, Samirana mengatakan sebagian permintaan warga ada yang sudah dipenuhi dan dalam proses. Karena semua kebijakan dari managemen. Seperti pembangunan KMD sudah dilakukan, terus untuk melanjutkan pengaspalan jalan hingga ke pos, dalam perencanaan. Termasuk CSR, sudah banyak yang diberikan perusahaan untuk daerah penyangganya.

‘’DDP satu-satunya perusahaan yang ada di wilayah Air Berau, sudah cukup banyak bantuan perusahaan. Memang kadang dari 10 usulan, baru beberapa yang direalisasikan,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img