Kamis, 26 Mei 2022
Mukomuko KotaPemkab Siapkan Rp 2,3 Miliar Untuk...

Pemkab Siapkan Rp 2,3 Miliar Untuk Pilkades

MUKOMUKO – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun ini kembali akan di gelar. Dimana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko sudah menyiapkan dana sebesar Rp 2,3 miliar untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Adapun jumlah desa yang ikut pilkades serentak tahun ini sebanyak 64 desa yang tersbar di beberapa kecamatan. Dengan pagu dana Rp 2,3 miliar diperuntukan untuk dana pengamanan sebesar Rp 800 juta. Dimana kegiatan itu melibatkan aparat kepolisian dan juga TNI. Kemudian sekitar Rp 500 juta di alokasikan untuk pemberian honor penitia, baik itu untuk cetak surat suara, alat tulis kantor dan lainnya. Lalu sekitar Rp 1 miliar akan di bagikan kepada 64 desa yang akan gelar Pilkades. Dimana masing-masing desa mendapatkan kucuran dana berbeda-beda, mulai dari Rp 13 juta hingga Rp 23 juta. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko, Haryanto, SKM.

Baca juga :   Ketua Yayasan Bantah Dugaan Penganiayaan Santri Ponpes

”Besaran dana yang diterima setiap desa tdak sama. Desa yang memiliki wilayah luas dan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) banyak, maka akan mendapatkan dana pilkades cukup besar. Begitu juga sebaliknya, jika luas wilayahnya sempit dan DPT sedikit, akan menerima anggaran kecil,” sampai Haryanto.

Lanjutnya, untuk jadwal pelaksanaan Pilkades serentak belum bisa dipastikan. Namun pihaknya menargetkan Pilkades dapat dilaksanakan sebelum masa bakti kades definitif berakhir. Ini supaya desa tidak ada yang dijabat Penjabat (Pj) Kades. Untuk itu saat ini pihaknya tengah menyusun peraturan bupati (Perbup). Dan skema yang bakal dilakukan setelah terdata batas akhir masa bakti kades seluruhnya.

Baca juga :   Blusukan di Mukomuko, Ihsan Fajri Temui Masyarakat dan Kades Terpilih

”Dari masa bakti yang paling akhir, ditarik mundur selama 74 hari. Itulah patokan jadwal tahapan pilkades,” tutup Haryanto. (api)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img