Kamis, 26 Mei 2022
Mukomuko KotaPemkab Gelontorkan Anggaran Rp 600 Jt...

Pemkab Gelontorkan Anggaran Rp 600 Jt Untuk HUT Kabupaten

MUKOMUKO – Dalam minggu ini, panitia peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Mukomuko akan dibentuk dengan melibatkan seluruh OPD dan berbagai elemen lainnya. Selain itu juga akan ditetapkan rangkaian dan jenis kegiatan yang bakal dilaksanakan untuk memeriahkan HUT ke-19 Kabupaten Mukomuko. Kemungkinan kegiatan HUT belum bisa dilaksanakan semeriah tahun sebelumnya, selain karena belum sepenuhnya pandemi Covid-19 berakhir, juga mengingat kondisi anggaran yang minim. Perkiraan anggaran HUT yang digelontorkan sekitar Rp 600 juta. Jumlah anggaran ini informasinya tidak sebanyak dana HUT sebelum pandemi.

Asisten I Setdakab Mukomuko, Dr.Abdianto,SH,M.Si mengatakan dalam dua hari kedepan akan dilaksanakan rapat untuk persiapan HUT kabupaten. Agendanya adalah pembentukan kepanitiaan dan sekaligus menetapkan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan. Untuk kepanitiaan akan melibatkan seluruh OPD dan TNI, Polri.

Baca juga :   Pameran Tidak Masuk Agenda HUT Kabupaten

‘’Dalam dua hari ini kita akan rapat bentuk kepanitiaan dan menyepakati apa saja bentuk agenda untuk memeriahkan suasana HUT. Kita dengar seperti apa masukan dan keinginan yang muncul, tentu kita juga menampung pendapat dari masyarakat,’’ kata Abdianto.

Mengenai jenis kegiatan yang sudah diagendakan, Abdianto menjelaskan acara inti dari HUT dan harus dilaksanakan adalah rapat paripurna istimewa, kedua upacara bendera dan doa sukuran. Untuk kegiatan pasar malam, pameran produk daerah, kegiatan olahraga dan hiburan rakyat, sifatnya adalah kegiatan untuk memeriahkan HUT. Ini semua akan diajukan dalam rapat nanti, apakah semua ini diadakan atau beberapa kegiatan ini saja, akan disepakati bersama. Intinya kondisi pandemi menjadi pertimbangan penting kemeriahan HUT kabupaten. Jika masih banyak warga Mukomuko belum divaksin, maka kemungkinan belum diizinkan melaksanakan keramaian.

Baca juga :   Perayaan HUT akan Diputuskan Bersama

‘’Kalau acara inti dari HUT, itu sudah jelas akan dilaksanakan, mengenai kegiatan keramaian, seperti pasar malam, pameran dan sebagainya akan kita pelajari lebih jauh. Yang jelas, acara HUT nanti juga akan diwarnai dengan kegiatan pencegahan Covid-19, seperti vaksinasi dan sebagainya,’’ paparnya.

Terus mengenai besaran anggaran, ia kurang tahu pasti, seingatnya diangka Rp 600 juta, ini khusus untuk rangkaian HUT. Sementara untuk kegiatan lain yang dilaksanakan dalam suasana HUT, anggarannya di dinas masing-masing.

‘’Kalau anggarannya khusus HUT Rp 600 juta lebih kurang, tapi totalnya dengan anggaran kegiatan yang dilaksanakan dinas saat HUT, mungkin diatas Rp 1 miliar,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img