Kamis, 19 Mei 2022
Mukomuko KotaPemkab Bangun Sarana Tiga Instansi Vertikal

Pemkab Bangun Sarana Tiga Instansi Vertikal

MUKOMUKO, radarmukomuko.com Keberadaan instansi vertikal salah satu tolak ukur kemajuan dan perkembangan sebuah kabupaten. Semakin lengkap instansi vertikal, maka semakin mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan. Sebagai bentuk sinergitas dan mendukung kehadiran berbagai lembaga vertikal ini, setiap tahun pemerintah berupaya mengucurkan anggaran untuk peningkatan fasilitas atau sarana. Seperti tahun ini pemerintah menganggarkan pembangunan beberapa sarana untuk instansi kepolisian, kejaksaan dan TNI dengan total anggaran hingga Rp 1,57 miliar.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Mukomuko, Ruri Irwandi, ST, MT mengatakan setiap tahun daerah berupaya membantu peningkatan sarana semua instansi termasuk vertikal. Tahun ini ada pembangunan Kantor Koramil Kecamatan Penarik Rp 226,1 juta dan pembangunan Kantor Koramil Kecamatan Pondok Suguh Rp 226,1 juta. Kemudian pembangunan gudang barang bukti Kejaksaan Negeri (Kejari) Mukomuko Rp 656,5 juta. Selanjutnya pembangunan gudang barang bukti Polres Mukomuko Rp 327 juta, dan pembangunan pagar Polsek Mukomuko Selatan Desa Medan Jaya Kecamatan Ipuh sebesar Rp 135,7 juta.

Baca juga :   TPK Lusan Kebut Pembangunan TPT

‘’Semua akan diupayakan segera berjalan, belum ada kebijakan penundaan karena refocusing anggaran atau lainnya. Sekarang ini kita laksanakan perencanaannya dulu,’’ kata Ruri Irwandi.

Lanjutnya pada tahun ini juga akan dilakukan renovasi bangunan Balai Daerah Mukomuko. Dengan alokasi dana mencapai Rp 923,2 juta. Dikatakan Ruri, saat tengah dilakukan penyusunan dokumen. Untuk kemudian disampaikan ke Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKBPJ) Pemkab Mukomuko, guna ditender.

‘’Kita masih mempersiapkan. Jadi masih fokus pada kelengkapan dokumen,’’ kata Ruri.

Termasuk untuk kegiatan lainnya. Seperti pembangunan rumah adat dengan pagu dana Rp 681,9 juta, pembangunan musala Balai Daerah Rp 272,5 juta, pembangunan rumah kerapatan adat Desa Retak Ilir Kecamatan Ipuh Rp 167,4 juta dan pembangunan taman lahan eks Mapolsek Mukomuko Utara sebesar Rp 741,2 juta.

Baca juga :   Ditarget Bupati, Juni Semua Proyek Sudah Kontrak

‘’Jadi kita kedepankan dulu kegiatan yang didanai dari dana alokasi khusus (DAK) fisik. Sedangkan yang lain, menyusul,’’ tukas Ruri.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img