Sabtu, 23 Oktober 2021
spot_img
DaerahPemdes Gading Jaya Upgrade Kapasitas Perangkat dan BPD

Pemdes Gading Jaya Upgrade Kapasitas Perangkat dan BPD

SUNGAI RUMBAI – Pemerintah Desa (Pemdes) Gading Jaya, Kecamatan Sungai Rumbai gelar pelatihan dalam rangka meningkatkan kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa serta kelembagaan yang ada Desa Gading Jaya pada Rabu,(13/10) kemarin. Dalam kegiatan itu Pemdes Gading Jaya menghadirkan narasumber pertama dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko dalam hal ini diwakili Kasi Pemerintahan Desa dan Pengembangan Desa dan Kelurahan, Mesatia Wardani, S.STP dan pemateri kedua Plt Camat Sungai Rumbai, Rudi Hartono, SH dan Kasi Pemdes Kecamatan Sungai Rumbai, Indra gunawan, S.kom.

Kepala Desa (Kades) Gading Jaya,  Rahmadi, SH dalam sambutannya mengatakan, kegiatan pelatihan perangkat desa dan BPD yang dilaksanakan ini sesuai dengan perencanaan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran (TA) 2021. “Berdasarkan yang sudah tercantum dalam APBDes. Sekarang kegiatan pelatihan ini kita realisasikan. Dalam kegiatan ini kita  menghadirkan pemateri yang kompeten di bidangnya dari Dinas PMD Mukomuko,” sampai Rahmadi.

Masih dikatakan Rahmadi, melalui kegiatan ini pemateri akan menjelaskan secara detil apa tugas dan fungsi seorang BPD dan apa tugas dan wewenang Kades dan perangkat desa. Sehingga kedepan masing-masing tugas yang dilaksanakan baik itu perangkat desa maupun BPD tidak rancu. “Kita harus bekerja sesuai dengan tugas dan wewenang kita masing-masing. Tujuannya tidak lain untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa gading jaya,” kata Rahmadi.

Ditambahkan Rahmadi, pihaknya dar Pemdes Gading Jaya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menambah pengetahuan perangkat desa dan BPD. Jangan samapi seorang BPD tidak mengetahui tugasnya. Demikian juga dengan perangkat desa jangan sampai tidak paham tugas dan wewenangnya. “Pelatihan ini tidak hanya untuk perangkat desa dan BPD. Tetapi saya sendiri sebagai Kades juga harus mengetahui tugas dan wewenang seorang Kades. Mari bersama kita diskusi dan memahami tugas kita masing-masing,” demikian tambah Rahmadi.(cw)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru