Sabtu, 25 Juni 2022
HeadlinePeluang Emas bagi Putra Putri Mukomuko,...

Peluang Emas bagi Putra Putri Mukomuko, Kuliah di UMJ Melalui Beasiswa

RADARMUKOMUKO.COM – Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) di bawah kepemimpinan Rektor Dr. Ma’mum Murod Al-Barbasy, M.Si, memberikan peluang emas bagi putra putri Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Kuliah di UMJ melalui jalur beasiswa.

Tidak tanggung-tanggung, khusus bagi putra putri Kabupaten Mukomuko, besaran beasiswa yang ditawarkan mulai dari 25 persen, 50 persen hingga 100 persen.

Wakil Rektor IV Bidang Kemahasiswaan UMJ Dr. Septa Candra, SH., MH mengungkapkan, 100 persen fasilitas beasiswa, khusus diberikan untuk beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. Beasiswa ini merupakan wujud pelaksanaan MoU antara Rektor UMJ dengan Bupati Mukomuko yang telah ditandatangani beberapa waktu lalu.

‘’Untuk periode ini, kuota beasiswa KIP kuliah untuk putra putri Kabupaten Mukomuko diberikan sebanyak 25 orang. Ini peluang emas bagi yang minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di UMJ,’’ ungkap Dr. Septa Candra ketika dihubungi, Senin (20/06/2022).

Baca juga :   COVID-19 Menggila, Kapolres Mukomuko Tutup Celah Izin Keramaian

Beasiswa KIP kuliah gratis 100 persen. Menariknya lagi, selain dibebaskan dari biaya kuliah, mereka (mahasiswa) KIP kuliah juga diberikan uang saku per semesternya sebesar Rp 4 juta.

‘’Beasiswa KIP kuliah ini, diperoleh dari anggota DPR RI Dapil Bengkulu, Hj Dewi Coryati dan ada juga yang murni jatah dari pemerintah daerah yang telah menjalin MoU dengan UMJ,’’ ujar Septa Candra yang diketahui juga merupakan putra asli Kabupaten Mukomuko.

Selain itu, UMJ juga menawarkan peluang seluas-luasnya bagi putra putri Kabupaten Mukomuko untuk mendapatkan fasilitas beasiswa dalam bentuk lain.

Di UMJ, kata Septa Candra, juga difasilitasi beasiswa bagi kader persyarikatan Muhammadiyah atau Aisyiyah. Beasiswa jalur hafidz Al Qur’an, beasiswa prestasi akademik dan non akademik. Kemudian juga terdapat beasiswa kuliah lainnya yang tujuannya dapat meringankan beban biaya bagi putra putri Mukomuko untuk melanjutkan pendidikan.

Baca juga :   Kejari Mukomuko Terima Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi

‘’Untuk itu, kami mengimbau. Bagi yang minat mendapatkan peluang ini silahkan daftar melalui website UMJ ke alamat pmb.umj.ac.id. Informasi persyaratan, petunjuk dan ketentuan daftar, dapat diketahui melalui website yang telah kami sediakan,’’ paparnya.

Untuk diketahui, di Universitas Muhammadiyah Jakarta terdiri dari 10 fakultas. Masing-masingnya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Kemudian juga tersedia Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Pertanian. Terakhir, juga terdapat Sekolah Pasca Sarjana. Banyak pilihan. Masing-masing fakultas ini terdiri dari berbagai jurusan.

‘’Khusus untuk beasiswa KIP kuliah 100 persen, hanya berlaku untuk S1, kecuali untuk fakultas kedokteran dan keperawatan. Ini bagi yang memiliki ijazah tamatan tahun ajaran 2021-2022. Sementara untuk program S2, sesuai MoU dengan Pemkab Mukomuko hanya berlaku potongan biaya kuliah 20 hingga 30 persen dari uang kuliah,’’ terang Septa Candra.

Baca juga :   Pejuang Rupiah Lupa Bercinta Sosor Buntut Sejenis

Kesempatan kuliah dengan meraih beasiswa di UMJ dibenarkan oleh Asisten I Setdakab Mukomuko, Dr. Abdiyanto, SH., M.Si. Ketika dihubungi, Abdiyanto menyampaikan bahwa beasiswa-beasiswa yang ditawarkan UMJ untuk putra putri Kabupaten Mukomuko merupakan tindak lanjut dari kerjasama MoU Bupati Mukomuko dengan pihak UMJ.

‘’Ini bagian dari upaya pemerintah daerah untuk membantu meringankan biaya pendidikan bagi masyarakat kita di Kabupaten Mukomuko. Untuk itu, kita mengimbau kepada peserta didik lulusan SMA sederajat, tunggu apalagi. Segera manfaatkan peluang ini untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi,’’ demikian Abdiyanto. (nek)

Berita Terkait

spot_img
spot_imgspot_img

Berita Terbaru

error: Alert: Content is protected !!