Sabtu, 25 Juni 2022
HeadlinePelantikan Kades Terpilih Dijadwalkan 2 Juni...

Pelantikan Kades Terpilih Dijadwalkan 2 Juni 2022

MUKOMUKO, radarmukomuko.com Pelantikan 64 Kepala Desa (Kades) terpilih, hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang I Kabupaten Mukomuko tahun 2022 direncanakan pada 2 Juni mendatang. Sehari setelah libur nasional dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila. Hal ini disampaikan Asisten I Setdakab Mukomuko Dr. Abdiyanto, SH., M.Si ketika dihubungi, Kamis (19/05/2022).

‘’Berkemungkinan pelantikan Kades terpilih hasil Pilkades serentak pada Selasa 17 Mei lalu, dilaksanakan tanggal 2 Juni 2022. Tentunya, soal teknis baik jadwal dan tempat pelantikan akan kita koordinasi terlebih dahulu dengan pimpinan, dalam hal ini Bupati Mukomuko,’’ ungkap Abdiyanto.

Seiring dengan rencana pelantikan, semua Calon Kepala Desa (Cakades) pemenang Pilkades diimbau untuk segera melakukan pemberkasan dan memastikan kelengkapan persyaratan yang telah ditetapkan. Selanjutnya, kepada pihak BPD masing-masing desa yang menyelenggarakan Pilkades, juga diminta untuk segera menyusun dan membuat keputusan pengesahan Kades terpilih. Selanjutnya, kata Abdiyanto, akan ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Bupati Mukomuko.

Baca juga :   Pemkab Siapkan Rp 2,3 Miliar Untuk Pilkades

‘’Minggu ini, kita minta proses pemberkasan Cakades pemenang Pilkades dapat dituntaskan. Menyusul, selambat-lambatnya minggu depan semua BPD telah membuat surat keputusan pengesahan Kades terpilih,’’ pinta Abdiyanto.

Disisi lain, selaku Ketua Panitia Pilkades Serentak Gelombang I Tingkat Kabupaten Mukomuko tahun 2022, Abdiyanto tak luput mengucapkan terima kasih kepada unsur kepanitiaan, aparat keamanan, aparatur pemerintahan desa maupun masyarakat yang senantiasa secara bersama menyukseskan pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini.

‘’Alhamdulillah,  berkat kerjasama yang baik dengan semua pihak, pelaksanaan Pilkades serentak gelombang I yang telah dilaksanakan pada Selasa 17 Mei lalu berlangsung aman dan kondusif. Tentunya, kami atas nama panitia tingkat kabupaten mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung,’’ sampainya.

Baca juga :   PNS Tak Diizinkan Nyalon Kades

Tak kalah penting, Abdiyanto juga menyampaikan bahwa Pilkades merupakan bagian dari demokrasi. Harus diakui, dalam pertarungan pemilihan ada kalah dan menang. Kepada Cakades pemenang, ia berharap tidak berlebihan dalam mewujudkan rasa syukur. Begitupun dengan yang belum berhasil menang, juga diharapkan legowo menerima keputusan.

‘’Yang perlu kita pahami bersama, yakinlah bahwa jabatan Kades bukanlah satu-satunya jalan untuk bisa berbuat, memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat. Ada baiknya pesta demokrasi Pilkades ini menjadi perekat silaturahmi dan dapat membuat kita lebih dewasa,’’ demikian Abdiyanto. (nek)

Berita Terkait

spot_img
spot_imgspot_img

Berita Terbaru

error: Alert: Content is protected !!