Jumat, 28 Januari 2022
spot_img
PolitikPartai Baru Bakal Ramaikan Pemilu 2024...

Partai Baru Bakal Ramaikan Pemilu 2024 di Mukomuko

MUKOMUKO – Seperti diketahui, jelang pemilihan umum 2024, beberapa tokoh nasional di pusat, mendirikan partai, sebagian besar memisahkan diri dari partai yang digawangi sebelumnya. Kabarnya beberapa partai politik baru ini sudah hadir di Mukomuko, mereka mulai menyusun kepengurusan, bahkan sebagian sudah ada pengurus tetap dan tersebar di semua kecamatan dan desa.

Diantara partai politik baru bakal calon peserta pemilu 2024 yang sudah mulai hadir di Mukomuko, yaitu Gelombang Rakyat (Gelora), kedua partai Ummat. Selain itu juga informasinya Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) sudah hadir mulai masuk, namun kepengurusannya belum terkonfirmasi. Selain itu juga Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU) juga kabarnya mulai menyusun kepengurusan di Mukomuko termasuk Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA). Ada beberapa partai politik baru lainnya yang sudah ramai di pusat, tapi belum ada kabar rencana kepengurusan di Mukomuko, diantaranya Partai Indonesia Terang (PIT), Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas), Partai Usaha Kecil Menengah dan Partai Negeri Daulat Indonesia sering disingkat dengan sebutan Pandai. Selain itu kabarnya juga ada beberapa partai lama yang tidak lolos pada pemilu sebelumnya, akan kembali mendaftarkan diri, seperti Partai Masyumi atau Partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia, Partai Nusantara dan Partai Indonesia Damai (PID).

Baca juga :   Dinas Perikanan Mukomuko Distribusi 72 Ribu Bibit Ikan untuk Masyarakat

Salah seorang calon pengurus Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU), Alfian Tanjung diminta keterangannya, mengaku sekarang partainya sedang menyusun kepengurusan. Untuk calon ketua, calon sekjen dan beberapa pengurus bidang lainnya sudah ada, sekarang tengah membentuk kepengurusan kecamatan dan desa. Setelah semua tersusun, maka baru akan dilakukan deklarasi dan pelantikan serentak.

‘’Kami dari Partai Indonesia Bangkit Bersatu siap ikut pemilu, sekarang sedang tahap penyusunan calon pengurus, kita berharap bisa lolos pada verifikasi di pusat nanti,’’ kata Alfian.

Ketua KPU Mukomuko, Irsyad Kamarudin diminta tanggapannya, mengatakan mengenai kehadiran partai baru bakal calon peserta pemilu 2024 sudah diketahuinya dari informasi media. Namun partai apa saja yang sudah ada di Mukomuko ia tidak tahu. Sejauh ini belum ada pengurus partai baru yang datang koordinasi ke KPU dan memang sebetulnya tidak ada keharusan mereka melaporkan ke KPU. Mekanismenya, partai politik akan mendaftar di KPU pusat sebagai calon peserta pemilu. Setelah itu, KPU pusat akan memerintahkan KPU provinsi maupun kabupaten/kota untuk melakukan verifikasi keberadaannya di daerah masing-masing.

Baca juga :   Tahun Depan, Revitalisasi Jaringan PDAM

‘’Kalau mereka datang untuk koordinasi tidak mungkin kita tolak, sejauh ini belum ada dan memang tidak ada keharusan. Urusannya di KPU RI, nanti kita diminta memverifikasi partai di daerah masing-masing,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

Cabdin Wilayah IV Mukomukospot_img
spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img
error: Alert: Content is protected !!