Kamis, 26 Mei 2022
Mukomuko KotaOptimis, Syarat Calon Delapan Desa Terpenuhi

Optimis, Syarat Calon Delapan Desa Terpenuhi

Seleksi Cakades Empat Tahap

MUKOMUKO, radarmukomuko.com Panitia pelaksana Pilkades optimis semua desa akan memenuhi syarat calon minimal dua orang. Karena terhadap delapan desa yang masih kekurangan calon tengah dibuka pendaftaran calon dan informasinya sudah ada yang menyiapkan persiapan untuk mendaftarkan diri. Sementara untuk dua desa yang melebihi dari lima bakal calon kades akan dilakukan seleksi, terdapat tiga tahap seleksi yang bakal dilewati.

Ketua Panitia Pilkades kabupaten, Dr.Abdianto,SH,M.Si mengatakan berdasarkan keterangan dari panitia desa, masih kurangnya jumlah calon dan bahkan belum ada sama sekali, bukan karena tidak ada yang ingin mencalon. Kebanyakan kendalanya, karena mepetnya waktu bagi bakal calon mengurus syarat, sehingga saat penutupan pendaftaran 26 Maret lalu, belum lengkap.

Baca juga :   Dapil III Borong Piala Lomba Hias Gapura

‘’Panitia desa melaporkan ke kabupaten jumlah calon yang sudah melengkapi syarat, sementara yang belum lengkap masih ada. Maka akhirnya ada kekurangan jumlah calon di beberapa desa. Dengan diberi waktu gelombang kedua, kemungkinan semua akan memenuhi syarat minimal dua calon,’’ kata Abdianto.

Lanjutnya, untuk desa yang jumlah bakal calonnya melebih dari lima orang sedang dipersiapkan untuk seleksi tambahan, jadwalkan setelah ditutupnya waktu pendaftaran gelombang kedua bagi desa yang belum memenuhi syarat dua calon.

‘’Sekarang dua desa yang jumlah calonnya lebih dari lima dan harus dilakukan seleksi tambahan. Kita tunggu setelah pendaftaran tahap dua selesai untuk dilaksanakan seleksi tambahan,’’ paparnya.

Baca juga :   Kemenag Mukomuko Gelar Upacara Peringatan Hari Santri

Tahapan seleksi sendiri dimulai dari desa, dimana ada empat poin seleksi, tiga dilaksanakan di desa dan satu dilaksanakan di kabupaten. Pertama yang akan dilakukan oleh panitia desa yaitu, penilaian usia para calon, dititik beratkan pada usia produktif. Kedua penilaian pengalaman kerja dalam pemerintahan dan lainnya dan ketiga penilaian pendidikan, semakin tinggi pendidikannya, maka semakin bagus.

‘’Terhadap penilaian ini, nanti desa melaporkan ke kabupaten, maka selanjutnya tes tertulis. Nilainya akan digabungkan untuk ditetapkan lima orang sebagai calon kades,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img