Rabu, 18 Mei 2022
HeadlineMusrenbang RKPD, Bupati Sampaikan 5 Program...

Musrenbang RKPD, Bupati Sampaikan 5 Program Prioritas TA 2023

MUKOMUKO, radarmukomuko.com Di tahun 2023, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mukomuko fokus pada 5 program prioritas yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini terungkap dalam Musyawarah Perencanaan  Pembangunan (Musrenbang) untuk pedoman penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun Anggaran (TA) 2023 di aula Bappelitbang Mukomuko, Senin (21/03).

Musrenbang  dengan tema “Percepatan pemulihan ekonomi daerah, melalui pemerataan pembangunan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta konektivitas infrastruktur dasar” tersebut dibuka oleh Bupati Mukomuko, H.Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA. Hadir pada kegiatan ini, Gubernur Bengkulu diwakili oleh Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Fahriza Razie dan dua orang anggota DPRD Provinsi Bengkulu Daerah Pemilihan (Dapil) Mukomuko.

Turut hadir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Pj Sekdakab Mukomuko, Yandaryat. P, para Asisten dan Staf Ahli Bupati Setdakab, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, Kades dan pemangku kepentingan dari berbagai organisasi masyarakat (Ormas).

Dalam sambutannya, Bupati H. Sapuan memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak. Baik dari pemerintah provinsi, pemerintah daerah maupun instansi vertikal, tokoh masyarakat, alim ulama, cendikiawan, insan pers yang senantiasa berkontribusi, secara bersama membantu laju pembangunan Kabupaten Mukomuko dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dalam bingkat Negara Kesatuan Republik Indonesia serta dalam ridho dan ampunan Allah SWT.

Baca juga :   Camat Penarik Sediakan Doorprize bagi Anak Peserta Vaksin

Disampaikan Bupati, pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Mukomuko merupakan media utama sinergi dan kolaborasi bagi segenap pelaku pembangunan di Kabupaten Mukomuko.

Oleh karna itu, aspirasi masyarakat dalam bentuk berbagai masukan serta saran, merupakan informasi yang sangat penting dan dapat dijadikan pertimbangan mendasar untuk menetapkan program dan kegiatan pembangunan daerah serta rekomendasi kebijakan, guna mendukung implementasi program dan kegiatan nasional tahun 2023.

Masih Bupati, pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan RKPD Kabupaten Mukomuko tahun 2023 mengangkat tema percepatan Pemulihan Ekonomi daerah melalui pemerataan pembangunan, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta konektivitas infrastruktur dasar.

‘’Sejalan dengan tema tersebut maka untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanan APBD ditengah pandemi dan kelesuan ekonomi nasional maupun global serta peningkatan kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka yang menjadi prioritas adalah: Terus meningkatkan indeks pembangunan manusia, menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi serta terus berupaya menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Mukomuko yang kita cintai,’’sampainya.

Baca juga :   Nuansa Adat Hiasi Sidang Paripurna Hari Jadi ke 19 Mukomuko

Fokus utama dalam pelaksanaan pembangunan tahun 2023, lebih diarahkan pada program pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui upaya pembangunan infrastruktur dasar jalan, jembatan, listrik,air bersih, akses Kesehatan, Pendidikan dan kondisi ekonomi masyarakat masih harus terus kita benahi.

‘’Melalui Musrenbang rencana kerja pemerintah daerah kabupaten Mukomuko tahun 2023 ini, diharapkan terjadi kesamaan pandangan dan harapan dari seluruh pelaku pembangunan daerah dalam memadukan strategi, kebijakan, program, kegiatan, dan sub kegiatan prioritas pemwerintah daerah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten Mukomuko,’’ ulasnya.

Dalam upaya mendukung pelaksanaan pembangunan, sangat diharapkan bantuan dan dukungan terutama dari pemerintah Provinsi Bengkulu. Pemerintah pusat melalui Balai- Satker Kementerian Teknis serta DPRD Provinsi Bengkulu. Khususnya anggota dewan Dapil Mukomuko untuk merealisasikan usulan kegiatan -kegiatan terutama dengan pembiayaan yang bersumber dari APBD Provinsi dan APBN.

Baca juga :   Tekan Lakalantas Pelajar Diminta Tidak Bawa Motor

Seperti halnya peningkatan jalan dan jembatan yang ada di Kabupaten Mukomuko. Disampaikan Bupati, hal tersebut sangat mendukung kelancaran akses transportasi yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Program Prioritas Kabupaten Mukomuko

Dalam rangka mengakselerasi pembangunan yang merata dan berkeadilan, Bupati juga menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Mukomuko menetapkan 5 program prioritas daerah untuk tahun 2023. Masing-masingya, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial, pembangunan infrastruktur yang berdaya saing, penguatan daya saing ekonomi daerah dan peningkatan tata Kelola pemerintahan.

‘’Program prioritas ini diharapkan nantinya akan mampu memberikan manfaat yang besar bagi tumbuh dan berkembangnya ekonomi masyarakat secara luas. Disamping itu program-program perlindungan sosial bertujuan untuk menjaga masyarakat dari kerentanan ekonomi yang setiap saat dapat mengancam ditengah-tengah situasi bencana dan pandemi,’’ demikian Bupati Sapuan. (nek/adv)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img