Kamis, 19 Mei 2022
HeadlineLantik TP PKK Kecamatan, Ny. Nurliyana:...

Lantik TP PKK Kecamatan, Ny. Nurliyana: Tingkatkan Etos Kerja

MUKOMUKO, harianradarmukomuko.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mukomuko Ny. Hj Nurliyana Habsjah Sapuan, melantik Ketua TP PKK Kecamatan periode 2022–2026 di Gedung Balai Daerah Mukomuko, Rabu (23/02).

Prosesi pelantikan 13 orang Ketua TP PKK Kecamatan ini, dihadiri Kepala DPMD Mukomuko Haryanto, SKM, sejumlah camat dari 15 kecamatan di wilayah Kabupaten Mukomuko. Turut hadir, Ketua Ikatan Keluarga Besar DPRD (IKBD), pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) serta sejumlah pengurus TP PKK kabupaten.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Ny. Hj Nurliyana Habsjah Sapuan mengimbau kepada semua tim penggerak PKK, baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa agar dapat meningkatkan etos kerja.

‘’Bangun kebersamaan dan profesionalisme, sehingga Tim Penggerak PKK akan menjadi organisasi solid, kreatif dan inovatif serta bekerja tanpa pamrih,’’ ungkapnya.

Perlu disampaikan, kata Nurliyana, program prioritas PKK pusat juga menjadi bagian dalam program kerja PKK di daerah. Seperti program PAAREDI yaitu pola asuh anak dan remaja di era digital, untuk meningkatkan peran keluarga yaitu orang tua dalam membentuk dan membangun karakter setiap anggota keluarga dengan penerapan pola asuh yang tepat.

Baca juga :   Liya Sapuan Ajak TP PKK Jadi Motor Penggerak Patuhi Prokes

Dijelaskan, untuk mendukung program ini, Pemkab Mukomuko juga telah  membentuk 2 desa layak anak. Dimana, nantinya akan menjadi bagian dari gerakan PKK desa, kecamatan dan kabupaten dalam mewujudkan tersebut.

Program prioritas berikutnya, yaitu (GELARI PELANGI) Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pengelolan Ekonomi Keluarga.

‘’Disini kita diharapkan dapat mewujudkan kemampuan managemen keluarga, mulai dari merencanakan, memonitor dan mengendalikan ekonomi keluarga, sehingga pemenuhan kebutuhan dasar keluarga dapat terpenuhi secara optimum. Termasuk didalamnya pembinaan terhadap pelaku usaha mikro dalam mengembangkan produksi rumah tangga menjadi sebuah produk yang layak untuk dipasarkan,’’ paparnya.

Kemudian, program AKU HATINYA PKK. Dengan pemanfaatan pekarangan sebagai kebun tanaman obat keluarga (Toga) dan tanaman unggulan bernilai ekonomi tinggi yang memberikan kebermanfaatan dalam meningkatkan kesehatan serta penggiatan ekonomi masyarakat.

Baca juga :   TP PKK Mukomuko Gandeng OPD, Sukseskan Program Kerja

Selain itu, program Diversifikasi Pangan dan pemanfaatan pangan lokal menjadi salah satu program unggulan PKK sebagai upaya mengurangi angka stunting, yang nantinya menjadi program unggulan dalam setiap Pokja.

Dalam rangka meningkatkan keterampilan para kader PKK Kecamatan dilaksanakn lomba Garsih dengan harapan dapat meningkatkan kreatifitas peserta dalam menyajikan hidangan dan dapat meningkatkan keterampilan dalam mengemas buah dan sayuran local sehiungga menjadi produk yang bernilai tinggi dan ekonomis.

Lantik TP PKK Kecamatan, Ny. Nurliyana Tingkatkan Etos Kerja, Bangun Kebersamaan

Selanjutnya, prioritas program unggulan PKK yaitu Keluarga Indonesia Tanggap dan Tangguh Bencana. Dimana pada program ini meliputi bidang kesehatan, pelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

‘’Seperti saat ini, vaksinasi pencegahan Covid-19 termasuk kegiatan dalam upaya menumbuhkan keluarga tanggap dan Tangguh bencana,’’ terang Nurliyana.

Dan saat ini Tim penggerak PKK Kabupaten mukomuko telah memiliki 50 Orang Kader PKK Pro sehat Pengendali Covid-19 . Para kader ini langsung terhubung dengan PKK pusat dan BNPB pusat melalui aplikasi, untuk pengendalian dan percepatan penanganan Covid-19.

Baca juga :   PKK Provinsi ke Mukomuko, Pembinaan 10 Program Pokok PKK

Tak kalah penting, prioritas program yang menjadi perhatian bersama adalah stunting. Penanganan Stunting menjadi skala prioritas pada tahun ini, dengan ditetapkannya desa Talang Buai Kecamatan Selagan Raya sebagai pilot project penanganan Stunting di Kabupaten Mukomuko.

Dengan banyaknya prioritas program yang harus dilaksanakan, saya mengharapkan Kerjasamanya. Terutama pengurus tim Penggerak PKK Kecamatan dana Desa untuk mendukung peningkatan program kerja PKK melalui sosialisasi, pembinaan, edukasi dan fasilitasi dalam upaya mencapai visi misi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,’’ pintanya.

Lantik TP PKK Kecamatan, Ny. Nurliyana Tingkatkan Etos Kerja, Bangun Kebersamaan

Perlu disampaikan, kata Nurliyana, kepada Pemda, pemerintah kecamatan dan desa sangat diharapkankan dukungannya, serna diharapkan senantiasa memfasilitasi gerakan PKK pada tingkatannya untuk mewujudkan program prioritas tersebut.

‘’Kepada organisasi wanita dari instansi vertikal lainnya, kami sangat mengharapkan dukungan dan kerjasama serta bekerja bersama-sama untuk mewujudkan program-program pemerintah pusat. Mari bersama-sama kita satukan langkah untuk membangun Kabupaten Mukomuko menjadi lebih baik,’’ ulasnya. (nek/prw)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img