Kamis, 26 Mei 2022
DaerahKurang Terurus, Kebun DDP Bunga Tanjung...

Kurang Terurus, Kebun DDP Bunga Tanjung Dipanen Bebas

TERAMANG JAYA – Kebun milik PT. Daria Dharma Pratama (DDP) yang masuk wilayah Desa Bunga Tanjung/Batu Ejung, Kecamatan Teramang Jaya, diduga kurang dirawat. Sehingga perkebunan sawit ratusan hektare ini sebagian besar berada dalam semak belukar dan bahkan perumahan karyawannya sudah lama ditinggalkan. Kondisi ini menjadi masalah tersendiri, karena kebun ini kerap dipanen warga secara bebas. Isu di masyarakat tidak dikelolanya kebun ini dengan baik, karena ada persoalan izin HGU.

Pantauan di lapangan, kondisi kurang terurusnya kebun perusahaan ini sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Hampir sebagian besar tanaman sawit berada di tengah semak belukar. Diduga tergiur melihat buah sawit yang dibiarkan busuk tidak dipanen, akhirnya beberapa masyarakat setempat memanen sendiri. Tidak hanya itu, kemungkinan besar juga ada lahan perusahaan yang sudah dikuasai secara pribadi oleh masyarakat. Sebelumnya perusahaan ini kabarnya sudah melepas ratusan hektare lahan yang sudah berisi sawit karena dikabarkan masuk kawasan HPT. Saat ini kebun yang dilepas perusahaan dikelola beberapa warga dan juga menjadi rebutan untuk dipanen.

Kabag Humas PT.DDP Samirana saat dihubungi, tidak menampik informasi ini. menurutnya, belum lama ini sudah dilakukan pengukuran kembali HGU perusahaan tersebut untuk perbarui izin. Ia juga mengatakan luas HGU DDP di wilayah Bunga Tanjung tidak sebanyak dulu, karena sudah ada pengurangan, terutama untuk lahan yang memang dikuasai masyarakat sejak awal.

‘’Sudah dilakukan pengurangan bersama dengan BPN, HGU yang ada di wilayah Bunga Tanjung sudah banyak pengurangan, perkiraan luasnya yang tersisa 300-san hektare,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img