Rabu, 18 Mei 2022
DaerahKompak, Warga Tri Jaya Goro Perbaikan...

Kompak, Warga Tri Jaya Goro Perbaikan Jembatan

TERAS TERUNJAM – Kekompakan tunjukan warga 3 desa di Kecamatan Teras Terunjam. Masing-masing Desa Tunggal Jaya, Karang Jaya dan Mekar Jaya. Mereka menamakan dirinya warga Tri Jaya. Sabtu (26/2) mereka melakukan Gotong-royong memperbaiki jembatan yang berada di perbatasan ketiga tersebut. Secara bersama-sama mereka mengganti lantai jembatan yang sudah lapuk. Kegiatan didukung oleh anggota DPRD Mukomuko, yang juga warga Tunggal Jaya, Damsir.

Anggota BPD Zainuri, menyampaikan, warga yang melakukan Goro ini didominasi warga Mekar Jaya. Ada juga warga Tunggal Jaya dan Karang Jaya.

Kades Mekar Jaya, Mulyatman, menjelaskan, jembatan ini statusnya milik pemerintah daerah. Lokasinya berada di perbatasan 3 desa, tapi merupakan pintu masuk ke Mekar Jaya. Jembatan ini dibangun oleh PT. PNR, oleh karena itu lebih dikenal menjadi nama PNR. Jembatan ini dibangun semi permanen. Struktur utama dibangun menggunakan semen, bagian lantai terbuat dari papan. Wajar jika dalam periode tertentu lantai jembatan rusak, lapuk dan patah.

Baca juga :   Sambut HUT RI Kecamatan Air Dikit Gelar Bersih Pantai

‘’Gotong-royong perbaikan jembatan ini merupakan hal yang rutin, setidaknya sekali dalam setahun. Kali ini lantai jembatan 80 persen diganti. Material berupa papan, bantuan dari anggota dewan, pak Damsir,’’ jelas Mulyatman.

Mulyatman juga menyampaikan, selain pintu masuk Mekar Jaya, jembatan ini juga akses utama ke kebun masyarakat 3 desa. Sejak dibangun aspal hotmix di Karang Jaya dan Tunggal Jaya, warga Mekar Jaya, lebih banyak melintasi jembatan ini. Sebagai warga yang sering melintasi jembatan ini, masyarakat merasa ikut bertanggungjawab melakukan perawatan ketika terjadi kerusakan.

‘’Yang sering memanfaatkan jembatan ini masyarakat sini. Sudah sewajarnya ikut memperbaiki, ketika rusak. Jika tidak diperbaiki, warga itu sendiri yang sulit melintas,’’ tambah Mulyatman.

Baca juga :   Pekerjaan Jembatan Jalinbar Terhenti

Masih Mulyatman, dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam), usulan peningkatan jembatan ini menjadi prioritas. Sudah beberapa kali diusulkan, tapi belum terealisasi dan akan terus diusulkan setiap tahunnya. Diharapkan, anggota DPRD yang ada di kecamatan ini, bisa mengawal usulan yang disampaikan masyarakat ini. Dengan adanya perhatian dari wakil rakyat tersebut, pembangunan jembatan ini diharapkan dilakukan secepatnya. Seiring dengan kemajuan zaman, mobilitas di jembatan ini semakin tinggi. Tidak heran jika nanti lantai jembatan akan semakin cepat rusak.

‘’Sudah waktunya jembatan ini ditingkatkan menjadi permanen. Kalau tetap seperti ini, akan semakin cepat rusak, karena jumlah kendaraan yang melintasi bertambah,’’ tutup Mulyatman, diamini Ketua BPD, Mekar Jaya, Hendri Pardian Kusuma.(dul)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img