Kamis, 26 Mei 2022
HeadlineKiprah Prajurit TNI AD, Bangun Rumah...

Kiprah Prajurit TNI AD, Bangun Rumah Buruh di Mukomuko

MUKOMUKO, radarmukomuko.com – Kiprah sang prajurit dari kesatuan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) Kodim 0428/MM, Korem 041/Gamas. Wujudkan suasana baru di kehidupan Sutaji (31) dan Titin Sulainingsih (29).

Pasangan suami istri (pasutri) berpenghasilan buruh serabutan yang telah dianugerahi dua orang putra di Desa Mekar Sari, Kecamatan Sungai Rumbai, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Betapa tidak, pondok mungil berukuran 4 × 6 meter. Bertiang 6 batang kayu dolken, berdinding papan sortiran (seberan), tempias hujan dan berlantai tanah tempat mereka tinggal, tak lagi menghiasi ruas jalan setapak di sudut Utara desa itu. Para pasukan loreng menjaga pertahanan negara dari kesatuan TNI AD telah mengubah pondok mereka menjadi sebuah rumah layak huni.

Baca juga :   Pemkab Mukomuko Respon Positif Rencana Investor Bangun Pelabuhan

Cucuran keringat, karya bakti prajurit mengubah bentuk struktur. Menjadikan pondok mungil itu sebuah rumah semi permanen. Rumah berukuran 6×9 meter. Dengan komposisi 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 kamar mandi dan teras.

Kini Sutaji bersama istri dan anaknya tak lagi tempias hujan. Angin sepoi dari lobang dinding tak lagi menusuk keluarga kecil ini disuasana malam.

Suana baru ini membuat Sutaji dan istrinya, haru bercampur gembira. Ketika  disambangi radarmukomuko.com Rabu (11/05). Sutaji tampak sedikit menundukkan kepala. Menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada TNI

‘’Sungguh tak terbayangkan saya bisa punya rumah seperti ini. Tiada kata lain, kami sekeluarga mengucapkan terima kasih kepada TNI. Semoga TNI terus berbuat untuk masyarakat,’’ ujar Sutaji.

Baca juga :   Bupati Apresiasi Antusiasme Warga Semarakkan HUT

Terpisah, Dandim 0428/MM Letkol CZi Rinaldo Rusdy, SIP membenarkan, seiring dengan pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Sidodadi Kecamatan Sungai Rumbai, pihaknya juga sekaligus melaksanakan kegiatan Karya Bakti Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil). Dimana, Karya Bakti Satkowil pada semester I tahun 2022 ini, pihaknya melaksanakan program bedah rumah. Untuk 1 unit rumah warga kurang mampu berlokasi di Desa Mekar Sari, Kecamatan Sungai Rumbai.

‘’Awalnya sih bedah rumah. Merenovasi sebagian dari bangunan. Setelah melihat kondisi ril di lapangan, tak mungkin untuk rehab sebagian. Jadi kami ambil sikap untuk rehab total atau bangun baru. Kegiatan ini bukan item TMMD, tetapi melalui Karya Bakti Satkowil, murni dari TNI AD,’’ ujarnya.

Baca juga :   Pansus Sebut Dana COVID-19 Mencapai Rp 42 M

Sementara ini, kata Dandim Rinaldo, pelaksanaan bedah rumah sudah mencapai 80 persen. Tinggal lagi memasuki pekerjaan finishing.

‘’Sekarang personel masih kerja. Ada beberapa item lagi yang harus diselesaikan, termasuk pengecatan,’’ pungkasnya. (nek)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img