Kamis, 26 Mei 2022
Mukomuko KotaIni Daftar Jembatan Rusak Yang Rawan...

Ini Daftar Jembatan Rusak Yang Rawan Makan Korban

MUKOMUKO, harianradarmukomuko.com – Berdasarkan data dari Dinas PUPR Mukomuko, setidaknya ada enam jembatan di Mukomuko yang rusak dan rawan makan korban. Diantaranya jembatan Sungai Selagan menuju Desa Talang Buai Kecamatan Selagan Raya, kedua jembatan Sungai Pisang menuju Ratak Ilir dan ketiga jembatan Dusun Pulau Kecamatan Air Rami. Keempat jembatan Sibak – MMC Kecamatan Ipuh, kelima jembatan Pondok Suguh – Teluk Bakung dan jembatan Pondok Luang Air Dikit yang belum lama ini makan korban.

Kabid Bina Marga Dinas PUPR Mukomuko, Budiarto, ST mengakui selain jembatan Air Dikit yang sudah roboh, setidaknya ada lima jembatan lagi yang juga rusak dan bahkan lebih. Namun kategori kerusakannya berpariasi, ada yang sudah rusak berat, rusak sedang dan rusak ringan. Untuk jembatan rusak berat yang mengkhawatirkan yaitu jembatan Talang Buai dan jembatan Dusun Pulau. Sebab jembatan ini akses keluar masuk masyarakat, termasuk jembatan Pondok Suguh.

Baca juga :   177 Siswa SMPN 1 Mukomuko Ikuti USBK

‘’Selain Pondok Lunang kemarin, jembatan Talang Buai dan Dusun pulau juga cukup mengkhawatirkan, termasuk di Pondok Suguh dan Retak Ilir,’’ katanya.

Lanjutnya, ada beberapa jembatan lain juga rusak, namun kerusakannya kebanyakan pada bagian lantai yang terbuat dari papan. Seperti jembatan pasar sebelah, jembatan Mukomuko C, Jembatan SP10 dan lainnya. Penelitian kerusakan jembatan itu dilakukan di banyak sisi, seperai rangkanya bagus apa tidak, terus tali slingnya. Kalau rangka masih bagus, artinya untuk lantai bisa diganti.

‘’Pengecekan jembatan itu banyak sisinya, kalau yang rusak bagian lantai, sebetulnya banyak, tapi itu bisa diatasi dengan mengganti lanta dari papan. Kalau rangkanya sudah kropos atau tali sling bermasalah, itu memang butuh perhatian lebih besar,’’ paparnya.

Baca juga :    Kok Meriang lagi

Masih dikatakan Budi, untuk perbaikan bagian lantai atau kerusakan kecil ini butuh kerjasama dan perhatian bersama, seperti pihak perusahaan atau pemilik kebun dalam jumlah besar yang melintasi jembatan. Kalau ini berjalan, ia yakin jembatan-jembatan ini aman dilintasi setiap saat.

‘’Memang harusnya perusahaan dan pemilik kebun dalam jumlah besar, harus turut memperhatikan jembatan yang sudah dibangun, tidak seluruhnya harus pemerintah,’’ tutupnya.(jar)

  1. Jembatan Talang Buai – Kec. Selagan Raya
  2. Jembatan Dusun Pulang – Kec. Air Rami
  3. Jembatan Retak Ilir – Kecamatan Ipuh
  4. Jembatan Mukomuko C – Kecamatan Ipuh
  5. Jembatan Pondok Suguh – Kec Pondok Suguh
  6. Hemabatan Pondok Luang – Kec Air Dikir

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img