Kamis, 19 Mei 2022
DaerahHeboh! Warga Temukan Bayi

Heboh! Warga Temukan Bayi

Ditinggal Di Teras Rumah

IPUH, radarmukomuko.comWarga Desa Retak Ilir, Kecamatan Ipuh, dihebohkan oleh penemuan bayi yang baru lahir diduga ditinggalkan oleh orang tuanya yang tidak bertanggungjawab. Kejadiannya sekitar pukul 03.40 WIB Kamis,(31/3) kemarin, dimana bayi ini ditemukan di atas kursi di teras rumah Ahmad Saprudin (Udin). Bayi malang ini saat ditemukan terbungkus dengan kain panjang warna kecoklatan dengan motif bunga warna putih. Kasus ini tengah diselidiki pihak berwajib.

Salah satu warga desa setempat, Sarjono mengatakan, kejadian itu tidak jauh dari rumahnya. Diceritakan Sarjono, sebelum pemilik rumah (pak Udin) mengetahui ada bayi di depan rumahnya. Beberapa menit Sebelumnya ia sempat mendengar ada suara sepeda motor yang melintas. Namun ia tidak bisa memastikan jenis kendaraan dan jumlah kendaraannya yang melintas pada saat itu. Karena kejadiannya tengah malam.

Baca juga :   Polisi Masih Dalami Penemuan Bayi

‘’TKP hanya berjarak dua buah rumah dari rumah saya. Setelah pemilik rumah mengetahui ada bayi di depan rumahnya. Saya langsung datang ke TKP. Saat itu saya sarankan agar segera hubungi Kades dan Bhabinkamtibmas,’’ kata Sarjono kemarin.

Sementara Kepala Desa (Kades) Retak Ilir, Syahril dihubungi mengatakan, setelah mendapat laporan dari warga, ia langsung ke TKP. Saat itu tali pusar bayi tersebut sudah dipotong. Tetapi belum diikat. Oleh warga tali pusar bayi itu langsung diikat. Kemudian dikasih baju dan dibalut dengan kain. Karena saat itu bayi tersebut terlihat sudah menggigil kedinginan.

‘’Telapak tangan bayi itu sudah berwarna kekuningan, mungkin karena kedinginan. Dan keadaan bayi itu sepertinya sehat. Kita tidak mau mengambil risiko lebih tinggi yang penting bayi itu kita selamatkan dulu bersama warga,’’ papar Syahril.

Sambungnya, pada saat ditemukan bayi itu dibagian kepala masih ada bercak darah, kemudian dibagian pusar yang sudah dipotong juga masih ada sisa darah. Diprediksikan bayi itu baru saja dilahirkan. Kemudian bayi tersebut langsung dibawa dan diletakkan di rumah milik Udin dan Nur. ‘’Awalnya Pak Udin dan Ibu Nur kaget mendengar ada suara tangisan bayi depan rumahnya. Kemudian mereka langsung keluar dan melihat ada sosok bayi yang tergeletak di atas kursi di teras rumahnya. Melihat bayi itu mereka langsung memanggil tetangga dan menghubungi saya selaku Kades,” cerita Syahril.

Baca juga :   Polisi Masih Dalami Penemuan Bayi

Dilanjutkan Syahril, pihaknya langsung koordinasi dengan Bhabinkamtibmas dan Kapolsek. Tidak lama kemudian pihak kepolisian bersama Puskesmas Ipuh langsung turun ke TKP. Bayi itu langsung dibawa ke Puskesmas. Sementara pihak kepolisian langsung melakukan olah TKP.

‘’Sekarang bayi itu sudah diserahkan ke Puskesmas Ipuh untuk mendapatkan pertolongan medis. Dan kejadian ini juga ditangani pihak kepolisian. Kita harap kedepan bayi itu ada yang sanggup mengadopsi,’’ tutur Syahril.

Kapolsek Mukomuko Selatan (MMS) Ipuh, Iptu Firman Syahputra, SH, MH dikonfirmasi membenarkan adanya warga Desa Retak Ilir yang menemukan bayi berjenis kelamin perempuan tergeletak di atas kursi di teras rumahnya. Pihaknya dari Polsek mendapat laporan itu langsung bergegas ke TKP dan melakukan olah TKP. Sementara bayi itu langsung dicek kesehatan oleh bidan desa. Selanjutnya anggota Polsek dan bidan desa membawa bayi itu ke Puskesmas Ipuh untuk pengecekan kesehatan lebih lanjut dan perawatan lainnya.

Baca juga :   Polisi Masih Dalami Penemuan Bayi

‘’Ya memang benar ada warga Desa Retak Ilir yang menemukan sosok bayi berjenis kelamin perempuan. Bayi itu diperkirakan baru lahir. Kemudian diletakkan di kursi teras rumah pak Udin warga Desa Retak Ilir,’’ tutup Firman.(ide)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img