Sabtu, 23 Oktober 2021
spot_img
Mukomuko KotaHarus Bersinergi, Bupati dan Dewan Sejajar

Harus Bersinergi, Bupati dan Dewan Sejajar

MUKOMUKO – Gubernur Bengkulu melalui Kadis Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu, Jaduliwan,M.Kom mengingatkan agar antara eksekutif dan legislatif bersineri. Karena antara dewan dengan kepala daerah merupakan mitra sejajar, maka harus seirama dan selaras. Hal ini disampaikannya saat mewakili Gubernur menghadiri pelantikan PAW anggota DPRD Mukomuko senin (11/10) lalu.

Dikatakan Jaduliwan, hal pertama dan mendasar yang perlu dipahami adalah kedudukan DPRD. Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, Pemerintah Daerah adalah kepala daerah dan anggota DPRD. Artinya, kedudukan DPRD dan Kepala Daerah beserta jajarannya adalah sejajar, bersama-bersama, sebagai mitra. Kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif menjadi kunci berjalannya pemerintahan yang diharapkan.

‘’Pemerintah daerah adalah kepala daerah dan DPRD, maka kedudukannya sejajar, ini dasarnya undang-undang. Maka pesan pak Gubernur, kepala daerah dan dewan harus seirama dan selaras,’’ kata Jaduliwan.

Lanjutnya, dalam melaksanakan tugasnya baik bupati dan jajarannya maupun anggota dewan meski banyak inovasi dalam memberi pelayanan. Sebab kerjasama yang baik dan efektif antara dewan dan pihak kepala daerah ditunggu-tunggu oleh masyarakat, karena itu jaminan untuk kesejahteraan dan kemajuan daerah. Jika kemitraan kepala daerah dewan DPRD tidak berjalan, sulit mewujudkan keinginan masyarakat.

‘’Masyarakat berharapan kemitraan kepala daerah dan DPRD mampu mempercepat proses pembangunan dan peningkatan layanan. Kalau dua lembaga ini sudah tidak sejalan, maka sekuat apapun bupati bekerja dan sebaliknya, sehebat apapun dewan, hasilnya tidak akan maksimal,’’ tegasnya.

Wakil Bupati Mukomuko, Wasri mengatakan kemitraan antara dewan dengan eksekutif sudah berjalan dengan baik. Harapanya kedepan terus semakin erat dan selaras. Karena dewan dan kepala daerah merupakan pemerintah daerah yang bertanggungjawab sama dihadapan masyarakat.

‘’Saya berharap kebersamaan yang sudah terjalin selama ini, antara dewan dan eksekutif dapat terus terpelihara dan semakin kokoh. Berbagai permasalahan rakyat harus disikapi dengan arif dan bijaksana,’’ tutup Wasri.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru