Sabtu, 25 Juni 2022
NasionalHarga Sawit Terus Turun

Harga Sawit Terus Turun

EKONOMI, radarmukomuko.com – Tangki penyimpanan Crude Palm Oil (CPO) di pabrik-pabrik Kecamatan Nasal,  Bengkulu dilaporkan mulai penuh karena belum juga tersalurkan.

Hingga saat ini harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit mulai dari tingkat petani, hingga di pabrik kelapa sawit belum juga stabil. CPO pun dilaporkan belum bisa tersalurkan.

Untuk harga TBS sawit di pabrik PT. Ciptamas Bumi Selaras (CBS) Desa Ulak Pandan, Kecamatan Nasal kembali mengalami penurunan harga beli, dari Rp 1.780 per kilogram (kg) menjadi Rp 1.370 per kg.

Sementara Humas PT. Sandabi Indah Lestari (SIL), Petrus Silaban menjelaskan salah satu indikator pembelian TBS sawit oleh perusahaan yakni stok tangki penyimpanan.

Baca juga :   Mendekati Pilkada, Petani Was-Was, Harga TBS Turun Lagi

“Tidak mungkin perusahaan membeli TBS sawit yang tidak bisa dioleh karena tangki penuh. Namun untuk PT. SIL sampai sekarang masih aman, kita tetap membeli kelapa sawit dari masyarakat,” kata Petrus.

Sementara itu, salah satu pimpinan PKS lainnya juga menuturkan saat ini penyaluran CPO dari pabrik di BU ke daerah yang membutuhkan CPO untuk diolah kembali tersendat.

Sehingga menyebabkan tangki simpan penuh. Sedangkan TBS sawit yang dibeli oleh perusahaan harus segera diolah menjadi CPO kurang dari 24 jam.

Jika terlambat dilakukan pengolahan maka TBS akan busuk dan tidak lagi bisa dimanfaatkan.(disway)

Berita Terkait

spot_img
spot_imgspot_img

Berita Terbaru

error: Alert: Content is protected !!