Rabu, 18 Mei 2022
HeadlineMukomuko Fasilitasi Pembinaan Lembaga Adat

Mukomuko Fasilitasi Pembinaan Lembaga Adat

MUKOMUKO, harianradarmukomuko.com Sebanyak 75 orang pengurus Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten dan BMA Kecamatan mengikuti kegiatan pembinaan lembaga adat yang difasilitasi Pemkab Mukomuko di Hotel Bumi Batuah, Kelurahan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko.

Pantauan harianradarmukomuko.com, kegiatan pembinaan pengurus lembaga adat tersebut, dibuka secara resmi oleh Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA pada Selasa (08/02), pagi. Turut hadir, Ketua BMA Kabupaten Mukomuko, pejabat Kantor Kementerian Agama (Kemenag)  dan beberapa perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Mukomuko.

Bupati H. Sapuan ketika dikonfirmasi harianradarmukomuko.com, mengungkapkan bahwa kegiatan pembinaan lembaga adat merupakan bagian dari visi misi kepala daerah yang telah dicanangkan sebelumnya. Sebagai daerah yang masih kental dengan adat istiadat, penting memberikan pembinaan kepada pengurus lembaga adat. Dengan harapan, melalui fungsi lembaga adat dapat membantu kelancaran pelaksanaan pembangunan di segala bidang, terutama bidang keagamaan, budaya dan kemasyarakatan.

Baca juga :   Serahkan SK, DPP Pasang Target PAN Mukomuko

Disamping itu, kata Bupati Sapuan, keberadaan BMA juga diharapkan dapat membina, mengembangkan nilai-nilai adat, adat istiadat dan budaya dalam rangka melestarikan dan mengembangkan budaya daerah. Tak kalah penting, melalui peran perangkat adat, juga diharapkan dapat menjaga hubungan yang harmonis antara pemangku adat, masyarakat dan aparatur pemerintahan.

‘’Semoga, kegiatan pembinaan kepengurusan BMA ini, menjadi momentum dalam memajukan pembangunan. Kami dari pemerintah daerah sangat mengapresiasi kepada pengurus BMA yang selama ini telah bersinergi dengan pemerintah daerah dalam mendukung pembangunan yang ada di Kabupaten Mukomuko. Sekali lagi, dengan adanya kegiatan pembinaan pengurus BMA, diharapkan mampu berperan dalam bidang kehidupan, dan memberikan warna kesejukan serta semangat dalam membangun daerah,’’ pintanya.

Baca juga :   Baznas Bantu Pembuatan Kaki Palsu Penyandang Disabilitas

Ketua BMA Kabupaten, H. Bismarifni, SH menambahkan, pembinaan pengurus lembaga adat bagian dari program rutin yang diselaraskan dengan visi misi daerah. Dijelaskannya, pembinaan kali ini juga berkaitan dengan persiapan prosesi upacara adat dalam rangka HUT ke 19 Kabupaten Mukomuko tahun 2022.

Dimana, pada perayaan HUT Kabupaten nantinya akan digelar 3 kegiatan yang melibatkan kaum adat, pegawai sara’, ninik mamak, alim ulama serta cerdik pandai yang ada di wilayah Kabupaten Mukomuko.

‘’Dalam tiga agenda besar perayaan HUT kabupaten, mulai dari sidang paripurna, upacara dan syukuran, kami dari lembaga adat juga akan menyisipkan kegiatan. Mengangkat nilai-nilai kearifan lokal dan seni budaya. Nanti akan kita adakan prosesi tamat kaji dan dikemas dengan dzikir sarapal anam serta bimbang. Usai upacara HUT, bupati kita arah dari Kantor Bupati ke rumah dinas,’’ paparnya.

Baca juga :   Hujan Petir, Rumah Warga Mukomuko Roboh

Untuk diketahui, kegiatan pembinaan pengurus lembaga adat ini bersumber dari APBD  tahun 2022. Pelaksanaannya, melalui program Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Mukomuko. (nek)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img