Jumat, 28 Januari 2022
spot_img
Mukomuko KotaDinas Pastikan Izin HGU DDP Bunga...

Dinas Pastikan Izin HGU DDP Bunga Tanjung Sudah Berakhir

Apriansyah : Konflik Harus Diselesaikan

MUKOMUKO – Izin Hak Guna Usaha (HGU) PT. Daria Dharma Pratama (DDP) di Bunga Tanjung dan Air Berau, sama-sama sudah berakhir akhir tahun kemarin. Hal ini diakui oleh Dinas Pertanian Mukomuko. Sekarang perusahaan sedang melakukan proses perpanjangan izin. Menyikapi munculnya penolakan dari warga terhadap perpanjangan izin ini, pihak perusahaan diminta dapat menyelesaikannya secara tuntas.

Disampaikan Kepala Dinas pertanian Mukomuko, Apriansyah,ST baru-baru ini yang sudah menyampaikan rencana perpanjangan izin adalah dari PT. DDP, yaitu di wilayah Air Berau dan Bunga Tanjung. Untuk perusahaan lain belum ada, karena memang berakhirnya izin HGU tidak serentak. Untuk perpanjangan izin DDP dalam proses, karena ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Baca juga :   Soal Izin Pabrik, Dewan Buka Kronologis Perda RTRW

‘’Berakhirnya izin HGU mereka pada akhir tahun kemarin, tapi sudah diajukan untuk perpanjangan, mungkin sekarang perusahaan sedang proses melengkapi syarat. Kalau HGU lain belum ada, karena memang izin HGU habisnya bervariasi, tidak serentak,’’ kata Apriansyah.

Lanjutnya, lahan HGU sebelum dilakukan perpanjangan akan diukur ulang dan disesuaikan kembali. Lahan yang masuk dalam sepadan sungai, yang dikuasai oleh masyarakat sejak awal, akan dilepas oleh perusahaan. Untuk pengukuran sendiri tidak melalui dinas, tapi langsung dari BPN.

‘’Lahan HGU ini akan diukur ulang, mungkin sekarang sudah dilaksanakan, karena itu langsung pihak BPN yang melakukannya,’’ papar Apriansyah.

Baca juga :   HGU Perlu Disesuaikan Dengan Perkembangan

Terus menyikapi isu konflik perusahaan dengan masyarakat, seperti penolakan perpanjangan izin HGU oleh warga Air Berau, diharapkan dapat diselesaikan secara tuntas, sebelum perpanjangan izin dilakukan. Sehingga kedepannya, masing-masing pihak bisa kerjasama dan saling mendukung.

‘’Sebaiknya jangan ada konflik lagi, maka kalau masih ada harus diselesaikan dengan baik, sehingga kedepan sama-sama saling dukung, perusahaan perlu berinvestasi dengan nyaman dan warga juga mungkin ada permintaan yang meski dipertimbangkan,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

Cabdin Wilayah IV Mukomukospot_img
spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img
error: Alert: Content is protected !!