Rabu, 18 Mei 2022
Mukomuko KotaDinas Kominfo Miskin Tenaga IT

Dinas Kominfo Miskin Tenaga IT

MUKOMUKO, harianradarmukomuko.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mukomuko, merupakan salah satu dinas yang mempunyai tugas cukup vital dalam menyukseskan pemerintahan. Tugas utamanya membantu Bupati  dalam, bidang Komunikasi dan Informatika, sehingga Diskominfo menjadi corong pemerintah dan sebagai jaminan terciptanya keterbukaan publik sebagaimana diatur UU No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik yang wajib bagi pemerintah. Namun sayangnya, Diskominfo Mukomuko saat ini miskin tenaga Information technology (IT) yang mampu mengoperasikan teknelogi komputer dan programmer. Dampaknya dinas yang dikomandoi mantan wartawan senior, Iskameri,S.Pd,M.Pd ini belum bisa totalitas dalam menjalankan fungsinya. Plt Kepala Diskominfo Kabupaten Mukomuko, Iskameri, menyampaikan, bidang aplikasi dan informatika  merupakan salah satu bidang  yang menjadi  kunci di OPD tersebut dan  mempunyai tugas  layanan infrastruktur  dasar data center, disaster recovery center, technology communication  and technology. Kemudian memberikan pelayanan  pengembangan internet dan penggunaan akses internet. Juga memberikan layanan pengembangan  dan penggelolaan aplikasi generic, spesifik dan suplemen yang terintegrasi, layanan manajemen data informasi e-Government, integrasi layanan public dan kepemerintahan, layanan keamanan informasi e-Govermenet serta layanan sistem  komunikasi internal pemerintah di Kabupaten Mukomuko.

Baca juga :   RSUD Mukomuko Canggih, Tapi Minim Tenaga Ahli

‘’Kondisi sekarang, untuk memberikan pelayanan belum optimal  karena tidak ada tenaga ahli di bidang tersebut. ASN di bidang aplikasi dan teknologi ada, tapi tidak memiliki keterampilan mengenai aplikasi program dan computer,’’ bebernya.

Lanjutnya, jika kondisi ini tidak cepat diatasi, maka dipastikan akan terjadi gangguan  terhadap kegiatan di OPD tersebut yang berkaitan dengan penggunaan  aplikasi, publikasi dan pembangunan. Ia sudah mengajukan permohonan kepada bupati dan sekda untuk penambahan tenaga ahli yang dibutuhkan.

‘’Telah kami usulkan ke Bupati Mukomuko. Yakni dibutuhkan 3 orang tenaga programmer dan 3 orang tenaga pranata computer. Ini tidak lain untuk memberikan pelayanan optimal dan maksimal khususnya di Diskominfo untuk kepentingan bersama dan daerah,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img