Rabu, 18 Mei 2022
Mukomuko KotaDinas Gencarkan Vaksin Hewan Penular Rabies

Dinas Gencarkan Vaksin Hewan Penular Rabies

MUKOMUKO, radarmukomuko.com – Petugas kesehatan hewan (Puskeswan) di Kabupaten Mukomuko, mulai melakukan kegiatan vaksinasi terhadap hewan penular rabies (HPR) peliharaan masyarakat. Diantaranya berupa kucing, anjing dan kera. Serbuan vaksinasi anti rabies tersebut, perdana dilaksanakan di wilayah Kecamatan Air Manjunto.

Digencarkannya kembali kegiatan ini, setelah Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan di Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko mendapatkan bantuan vaksin anti rabies (VAR) sebanyak 400 dosis dari Pemprov Bengkulu. ‘’Sebanyak 400 VAR dari provinsi. Hari ini (kemarin), mulai dilakukan vaksinasi terhadap hewan peliharaan masyarakat di Kecamatan Air

Manjunto,’’ demikian Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Apriansyah melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan,Pitriyani, Selasa (29/3).

Baca juga :   Dinas Pertanian Mukomuko : Info Harga TBS Selasa 27 Oktober 2020

Ia mengimbau, kepada seluruh masyarakat pemilik hewan penular rabies agar dapat ikut berperan aktif dengan membawa hewan peliharaannya ke tempat – tempat yang sudah ditentukan petugas untuk diberikan vaksin rabies. Supaya petugas gampang memberikan vaksin.

‘’Jangan sampai petugas datang ke rumah – rumah pemilik hewan, selain lambat juga akan memakan waktu lama. Kami harap pemilik hewan  membawa hewan peliharaannya ke tempat vaksinasi,’’ imbaunya.

Masih dikatakannya, vaksin rabies ini penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan. Pemberian vaksin anti rabies pada hewan akan memberikan perlindungan pada manusia dari dampak gigitan hewan rabies. Diketahui di wilayah Mukomuko cukup tinggi kasus gigitan hewan rabies pada manusia.

Baca juga :   Dinas Pertanian Usul Penambahan RPH Ke Provinsi

‘’Ini tentu untuk melindungi hewan dan manusia itu sendiri,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img