Jumat, 28 Januari 2022
spot_img
Mukomuko KotaDana Rp 968 Jt, Delapan Unit...

Dana Rp 968 Jt, Delapan Unit Kapal Tahap Lelang

METRO – Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 968 juta di Dinas Perikanan Kabupaten kembali muncul, setelah sebelumnya sempat hilang dialihkan untuk menangani Covid – 19. Dinas Perikanan langsung mempersiapkan proses pengadaan, sekarang tahap lelang untuk pengadaan 8 unit kapal nelayan yang berkapasitas 3GT. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perikanan Mukomuko, Eddy Aprianto, S.Pi.

‘’Saat ini masih dalam proses persiapan lelang, mulai dari melakukan survei, penyusunan KAK dan proses lainnya. Paling lambat bulan depan sudah dilakukan lelang untuk pengadaan kapal nelayan ini,’’ sampai Eddy.

Lanjutnya, dari 8 unit kapal yang berkapasitas mesin 3GT ini sudah ada data penerimanya. Untuk penerima kapal ini tersebar di Kecamatan Kota, Ipuh, Teramang Jaya dan Air Rami. Bantuan yang diterima nelayan nantinya yaitu komplit, mulai dari kapal, mesin 3GT, alat tangkap dan kompas.

Baca juga :   Akhir Tahun, Bantuan Alat Tangkap Tak Kunjung Dibagikan

‘’Dengan waktu yang singkat ini kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk pengadaan kapal nelayan ini. Dengan situasi saat ini sangat disayangkan jika tidak di realisasikan, mengingat masih banyak nelayan yang membutuhkan bantuan kapal,’’ ujar Eddy.

Disampaikannya juga, dengan adanya bantuan ini ia berharap nelayan tidak lagi menggunakan alang tangkap trawl atau pukat harimau. Pasalnya penggunaan alat tangkap trawl dapat merusak ekosistem laut.

‘’Daerah kita ini masih ada nelayan yang menggunakan pukat harimau, namun jumlahnya tidak banyak. Berdasarkan hasil pendataan setiap tahunnya mengalami penurunan nelayan yang menggunakan trawl atau harimau. Untuk penggunaaannya bila mereka hendak menangkap udang saja atau ikan musiman,’’ tutup Eddy.(api)

Berita Terkait

Cabdin Wilayah IV Mukomukospot_img
spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img
error: Alert: Content is protected !!