Rabu, 18 Mei 2022
HeadlineCegah DBD, Asrama Polres Mukomuko Disemprot...

Cegah DBD, Asrama Polres Mukomuko Disemprot Insektisida

MUKOMUKO, radarmukomuko.com Petugas operator fogging dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko, Senin (14/03) pagi, diterjunkan ke asrama Polres Mukomuko di Jalan Danau Nibung, Kelurahan Bandar Ratu dan asrama Polsek Mukomuko Utara di Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko. Melakukan penyemprotan atau fogging, pengendalian penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD).

Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Mukomuko Bustam Bustomo, SKM., M.Kes melalui Kasi Pemberantasan Penyakit, Ruly Herlindo mengungkapkan, penyemprotan insektisida sintra mentrin berangkat dari temuan 1 kasus positif DBD yang dialami salah seorang personel Polres Mukomuko.

‘’Awalnya, ada salah seorang personel Polres yang mengalami sakit. Setelah dicek, hasilnya positif DBD. Untuk antisipasi penyebaran, pihak Polres mengajukan permintaan untuk dilaksanakan fogging. Fogging dilakukan di asrama Polres dan kemudian di asrama Polsek Kota,’’ ungkap Ruly.

Baca juga :   Massa Geruduk PT. KSM Tanjung Alai, Ini Persoalannya

Dijelaskan Ruly, kasus positif DBD yang dialami personel Polres Mukomuko, merupakan yang pertama kalinya tempo Januari – Maret 2022. Sebelumnya, juga ditemukan 2 kasus pasien yang diduga DBD di Kecamatan Penarik dan Sungai Rumbai. Setelah dicek tim medis, hasilnya negatif.

Upaya pencegahan yang dilaksanakan di Penarik dan Sungai Rumbai, tidak dilakukan fogging DBD. Di dua lokasi ini hanya dilaksanakan kegiatan pemberian larvasida. Adapun larvasida ini, merupakan bagian dari insektisida berbentuk butiran yang berfungsi untuk memberantas jentik nyamuk.

‘’Kami tidak fogging di Penarik dan Sungai Rumbai. HHhanya kegiatan pemberian larvasida sekaligus melaksanakan penyuluhan. Mengajak masyarakat tetap menjaga kebersihan lingkungan, dan membersihkan tempat-tempat yang berpotensi dijadikan tempat nyamuk bersarang. Untuk ditehaui, tahun ini tidak tersedia anggaran untuk kegiatan fogging,’’ ujarnya.

Baca juga :   Warga Penarik Isolasi Mandiri Dapat Bantuan Sembako

Data terhimpun dari Humas Polres Mukomuko. Pelaksaan fogging di asrama Polres dan Polsek Kota Mukomuko digelar pukul 10.00 WIB hingga selesai. Pada giat ini, dipimpin oleh personel Polres Mukomuko, Ipda Agus Cik. (nek)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img