Rabu, 18 Mei 2022
Mukomuko KotaCapaian MCP Mukomuko Membaik, Dana Pusat...

Capaian MCP Mukomuko Membaik, Dana Pusat Bakal Ngucur

MUKOMUKO, harianradarmukomuko.com – Bulan ini, Sapuan – Wasri genap satu tahun menjabat sebagai Bupati dan wakil Bupati Mukomuko. Berbagai langkah untuk perubahan Mukomuko lebih baik terus dilakukan, salah satu yang menjadi perhatian adalah perbaikan Monitoring Centre for Prevention (MCP) terhadap 8 indekator kinerja yang dinilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini penting karena berkaitan dengan kepercayaan pusat terhadap daerah. Selama ini MCP Mukomuko sangat rendah, sehingga anggaran dari pusat tidak maksimal berhasil diperjuangkan pemerintah daerah.

Ditemui di ruang kerjanya kemarin, Sapuan mengatakan sejak awal menjabat MCP ini menjadi perhatiannya, karena sekuat apapun kepala daerah berjuang di pusat, kalau MCP yang dinilai KPK tidak bagus, maka pemerintah pusat tidak yakin memberi anggaran ke daerah. MCP Mukomuko selama ini paling kecil di provinsi Bengkulu, pada tahun 2020 nilainya hanya 43,86. Ia optimis dengan upaya yang sudah dilakukan dalam satu tahun ini, semua akan membaik, sehingga 2023 nanti, Pemerintah berpeluang mendapat penambahan kucuran dana dari pusat.

Baca juga :   Kejar Target PAD, Tim Turun Gunung

‘’Mudahan untuk MCP 2021 ini sudah lumayan baik, sehingga kepercayaan pusat terhadap Mukomuko meningkat. Maka saya katakan sangat penting, karena kita dianggap tidak bekerja dengan nilai MCP sangat rendah,’’ katanya.

Lanjutnya, pada tahun sebelumnya indikator penilaian MCP KPK di Mukomuko, semuanya kurang bagus atau dibawah standar. Maka wajar anggaran dari pusat untuk Mukomuko rendah dibanding daerah lain. Seperti indikator pengadaan barang dan jasa hanya 27,31, APIP hanya 31,22, optimalisasi pajak hanya 14,75, managemen aset hanya 39,45 dan perencanaan dan penganggaran nilainya hanya 47,35.

‘’Ini penialaian dari KPK dan dibaca oleh kementerian selaku teknis penganggaran. Pusat dalam memberi anggaran, berdasarkan kinerja daerah. Maka kita harus singkronkan realisasi program dengan administrasinya,’’ tegas Sapuan.

Baca juga :   Pemda Siapkan Rp 300 Juta Untuk Pengamanan Pilkades

Terus mengenai terget penambahan anggaran pusat untuk Mukomuko kedepan, Sapuan yakin akan semakin baik. Maka ia minta seluruh dinas maksimalkan kinerja, karena ini mempengaruhi MCP Mukomuko.

‘’Semua dinas kita minta berbenah, pastikan setiap program berjalan, karena menjadi inkator penilaian kinerja daerah oleh pusat,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img