Kamis, 26 Mei 2022
Mukomuko KotaCalon Kurang, Panitia Desa Diminta Perpanjang...

Calon Kurang, Panitia Desa Diminta Perpanjang Waktu

Pendaftaran Cakades Ditutup

MUKOMUKO, radarmukomuko.com Seluruh panitia desa serentak menutup pendaftaran bakal calon kades pada 26 Maret kemarin, sesuai dengan jadwal. Nama-nama calon kades sudah dilaporkan ke panitia kabupaten, kemudian masih dalam tahap verifikasi berkas pencalonan. Diketahui ada beberapa desa dengan jumlah calon melebihi lima orang, sehingga harus dilakukan seleksi. Selain itu juga terdapat desa dengan jumlah calon yang kurang dari dua, sehingga kemungkinan akan dilakukan perpanjangan waktu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Mukomuko Haryanto,SKM mengatakan semua panitia desa telah menutup penerimaan calon. Sebagian sudah dilaporkan ke kabupaten dan sebagian masih di tingkat kecamatan, sehingga belum diketahui pasti berapa total jumlah calon. Ia juga tidak menampik adanya calon yang lebih dari lima orang dan juga yang kurang dari dua calon.

Baca juga :   Serbuan Vaksinasi BIN Bengkulu di Mukomuko, Sasar Warga dan Pelajar Hingga Door To Door

‘’Sebagian sudah masuk, tapi belum semua pihak kecamatan melaporkan hasil penerimaan calon kades di desa wilayahnya, sehingga kami belum merekap seluruhnya. Informasi lisan ada yang lebih dari lima orang dan juga kurang dari dua calon,’’ kata Haryanto.

Ketua Panitia Pilkades kabupaten, Dr.Abdianto,SH,M.Si, CLA sebelumnya juga mengatakan, sesuai ketentuan setiap desa minimal jumlah calon harus dua orang. Maka jika ada yang kurang, kemungkinan dilakukan perpanjangan waktu. Sementara untuk desa dengan calon lebih dari lima, akan dilakukan seleksi oleh panitia. Laporan awal diterimanya, masih ada desa yang belum cukup dua orang calon. Untuk desa-desa tersebut, panitia desa diberi waktu untuk memperpanjang penerimaan calon.

Baca juga :   Kominfo Mulai Garap Program Bupati, Internet Desa

‘’Calon dalam satu desa tidak boleh satu, minimal dua orang, jika kurang maka ditunda. Sementara calon paling banyak lima orang, bila lebih dari lima yang mendaftar harus dilakukan seleksi. Kita sudah minta desa yang belum cukup dua calon untuk melakukan perpanjangan,’’ tuturnya.

Ketua panitia Pilkades Bunga Tanjung M.Sanusi mengatakan pihaknya sudah menutup pendaftaran sesuai waktu yang diberikan. Jumlah calon yang mendaftar sebanyak enam orang. Hasil penerimaan ini telah disampaikan ke BPD dan pihak kecamatan.

‘’Jumlah yang mendaftar cukup banyak mencapai enam orang calon, semua sudah melengkapi berkasnya,’’ kata Sanusi.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img