Rabu, 18 Mei 2022
Mukomuko KotaBup Tetapkan Program Prioritas 2022

Bup Tetapkan Program Prioritas 2022

Gubernur Pesankan Tiga Hal

MUKOMUKO – DPRD Mukomuko sukses melaksanakan rapat paripurna HUT ke-19 Kabupaten Mukomuko dengan agenda mendengarkan pidato Bupati. Selain itu juga mendengar pidato tokoh presidium dan Gubernur Bengkulu. Menariknya lagi paripurna juga diawali dengan prosesi adat, yaitu panggia gela anak dari dan marapulai. Paripurna ini juga diikuti dari 14 kecamatan secara virtual. Dalam pidatonya banyak yang disampaikan bupati, terkait dengan capaian dalam satu tahun hingga program prioritas kedepan.

Ada empat program prioritas yang akan dilaksanakan sepanjang 2022 ini, pertama peningkatan sumber daya manusia disegala bidang, terkhusus lagi ASN selaku penyelenggara pemerintahan. Kedua penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial bagi masyarakat. Ketiga pembangunan infrastruktur berdaya saing dan keempat peningkatan daya saing ekonomi daerah.

Baca juga :   Gubernur ke Mukomuko, Kamis Pengundian Pesan Siswa dan Vaksinasi di Radar Mukomuko

‘’Dalam rangka mengakselerasi persaingan merata dan berkeadilan, maka pemerintah Mukomuko menetapkan program prioritas,’’ kata Bupati H.Sapuan,SE,MM,Ak,CA,CPA.

Lanjutnya, sementara sasaran makro yang ingin dicapai pemerintah Kabupaten Mukomuko tahun 2022 mencakupi, pertumbuhan ekonomi pada angka 4,8 persen, kemudian tingkat kemiskinan menurun menjadi 11,40 persen. Selanjutnya tingkat pengangguran terbuka menjadi 3,44 persen dan indek pembangunan manusia pada angka 68,95 poin dan terakhir angka harapan hidup pada 69,71 tahun.

‘’Untuk mencapai berbagai target dalam satu tahun kedepan tentu butuh dukungan dan sinergitas dengan semua, kami yakin dengan dukungan dari semua pihak akan bisa dicapai,’’ katanya.

Baca juga :   Aparat Sigap, Terduga Pelaku Pembunuhan di Teramang Jaya Ditangkap

Gubernur Bengkulu, DR. H. Rohidin Mersyah dalam pidatonya mengapresiasi keberhasilan pemerintah Kabupaten Mukomuko bersama Forkopinda dalam menyukseskan vaksinasi. Sehingga awalnya Mukomuko terendah, menjadi peringkat lima realisasi vaksin terbaik. Kemudian ia juga berpesan beberapa hal untuk pembangunan Mukomuko, pertama petakan dengan benar dan terencana potensi yang dimiliki, mulai dari hutan, wilayah pesisir, perkebunan dan pariwisata. Terus bangun objektivitas jalan antar kecamatan dan desa. Selanjutnya pelayanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan harus prima serta pengelolaan dana desa dengan benar.

‘’Kita terimakasih atas capaian pembangunan di Kabupaten Mukomuko, tentu kedepan harus lebih baik dan terarah, sehingga membawa pengaruh besar terhadap kepentingan masyarakat,’’ tegasnya.

Baca juga :   Kedapatan Bawa Sabu, Pemuda Lubuk Pinang Dibekuk

Sementara perwakilan tokoh presidium dalam sambutannya juga banyak menyampaikan pesan dan harapan pada pemerintah daerah. Menariknya ada dua poin yang ditekan, pertama terkait usulan perubahan waktu HUT Mukomuko dari 25 Februari menjadi 23 Mei. Karena menurut mereka resminya Mukomuko menjadi kabupaten adalah 23 mei. Kedua mereka meminta agar dewan dan pemerintah daerah membuat buku sejarah pemekaran Mukomuko dan meminta pembangunan tugu monumen perjuangan pemekaran Kabupaten Mukomuko.

‘’Mudah-mudahan harapan kita semua bisa terwujud di bawah kepemimpinan Sapuan – Wasri,’’ pungkasnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img