Selasa, 17 Mei 2022
PolitikAroma Politik Pilkades Mulai Panas

Aroma Politik Pilkades Mulai Panas

MUKOMUKO, radarmukomuko.com – Seiring dengan dimulainya tahapan pemilihan Kades serentak, aroma politik mulai merebak ditengah masyarakat. Nama-nama para tokoh desa yang berpotensi berlaga pada pemilihan kelak, mulai bermunculan. Bahkan beberapa nama kabarnya sudah menyiapkan berkas pencalonan dan berangsur menarik perhatian masyarakat. Untuk calon kades maksimal yang dibolehkan sebanyak lima orang per desa.

Ketua BPD Sumber Makmur SP8 Kecamatan Lubuk Pinang Annok, mengakui sekarang di desanya panitia sudah dibentuk dan untuk pendaftaran calon juga telah diumumkan. Sejauh ini belum ada yang mendaftar, namun diakuinya ada beberapa nama yang disebut-sebut akan maju pada pemilihan nanti.

Baca juga :   Bupati Tak Hadir, Perda LP APBD 2020 dan RPJMD Ditunda

‘’Setidaknya sekarang ada sekitar tiga hingga lebih nama yang disebut-sebut akan maju, tapi belum mendaftarkan diri pada panitia. Sejak awal akan dilaksanakan pemilihan, isu pencalonan sudah ada,’’ paparnya.

Ketua Panitia Pilkades kabupaten, Dr.Abdianto,SH,M.Si mengatakan untuk calon kades, ketentuannya sama dengan Pilkades sebelumnya. Dimana maksimal satu desa hanya lima orang. Namun siapa saja dapat mendaftar, jika jumlah pendaftar lebih dari lima, akan dilakukan seleksi khusus.

‘’Tidak dibatasi untuk jumlah pendaftar, andai lebih dari lima orang maka diseleksi, karena yang akan ditetapkan maksimalnya lima calon,’’ kata Abdianto.

Lanjutnya, karena masih tahap pendaftaran, diharapkan para kandidat yang akan maju menyiapkan diri, namun belum boleh berkampanye, karena akan ada tahapan. Semua calon harus bersaing secara sehat dengan menawarkan program pada masyarakat, dilarang melakukan money politik.

Baca juga :   Serahkan SK, DPP Pasang Target PAN Mukomuko

‘’Masyarakat harus memilih kandidat terbaik bagi desanya, jangan memilih karena menerima sesuatu dari calon,’’ tutupnya.(jar)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img