Selasa, 17 Mei 2022
Mukomuko KotaApril Terakhir Pencairan DD Dan ADD

April Terakhir Pencairan DD Dan ADD

MUKOMUKO, radarmukomuko.com Hingga hari ini baru 45 desa dari 148 desa di Kabupaten Mukomuko yang telah mengajukan pencairan DD dan ADD tahap I sebesar 40 persen. Dari sebanyak 45 desa telah mengajukan pencairan DD dan ADD tersebut, mayoritas berkas pencairan yang telah disampaikan desa telah masuk di Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko. Namun dari sebanyak 45 desa yang telah mengajukan pencairan DD tahap I, sekitar 25 desa di antaranya yang telah menerima penyaluran DD dan ADD. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mukomuko, Haryanto, SKM, kemungkinan desa belum mengajukan penyaluran DD dan ADD karena masih penyempurnaan APBDes maupun pergantian perangkat desa.

Baca juga :   Bersaing Dengan Sehat, Pilih Pemimpin Terbaik

”Setiap rapat di kegiatan desa sudah sering kami ingatkan untuk segera selesaikan APBDes. Sehingga dana desa yang diterima nantinya bisa secepatnya di realisasikan untuk kegiatan desa,” sampai Haryanto.

Lanjutnya, bahkan sekarang sudah memasuki tahap kedua, namun belum ada satu pun desa yang telah mencairkan DD dan ADD tahap I yang mengajukan pencairan dana desa tahap II. Sesuai dengan jadwalnya saat ini sudah ada desa yang mengajukan berkas pencairan DD dan ADD tahap kedua. Meskipun demikian, pihaknya menargetkan paling lambat desa mencairkan DD dan ADD tahap I pada April mendatang.

”Terakhir pencairan kita targetkan April, kasihan penerima BLT belum menerima bantuan. Termasuk juga kegiatan desa yang tidak berjalan nantinya jika tidak dicairkan,” jelas Haryanto.

Baca juga :   Animo Masyarakat Mukomuko Urus Perizinan UMKM Tinggi

Tambahnya, ditahun 2022 ini jumlah anggaran dana desa untuk 148 desa ini sebesar Rp 114 miliar. Jumlah tersebut berkurang dari jumlah anggaran dana desa yang diterima tahun 2021 lalu yang mencapai Rp 123,16 miliar.

”Jadi dana desa untuk Kabupaten Mukomuko tahun ini mengalami penurunan sekitar Rp 9 miliar,” tutup Haryanto. (api)

Berita Terkait

spot_imgspot_img

Berita Terbaru

spot_img