Sabtu, 25 Juni 2022
HeadlineAgromuko Setujui Pembangunan Tower SUTT, Jawab...

Agromuko Setujui Pembangunan Tower SUTT, Jawab Persoalan Krisis Listrik di Mukomuko

RADARMUKOMUKO.COM PT. Agromuko telah menyetujui rencana pembangunan jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) di kawasan Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan untuk menjawab persoalan krisis daya listrik di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

Berita acara kesepakatan ini dibuat secara bersama dengan PT.PLN Persero dalam rapat percepatan pembangunan tapak SUTT dipimpin Bupati Mukomuko H. Sapuan, SE., MM., Ak., CA., CPA di Hotel Kimaya Slipi Jakarta, Rabu (22/06/2022).

Hadir pada rapat tersebut, Pimpinan PT.Agromuko Anita, GM PT.PLN Wilayah Sumatera Bagian Tengah Allan Asqolani dan pihak Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Igung D Prasetyo.

Turut hadir, Asisten II Setdakab Mukomuko, Drs. H Bustari Maler, M.Hum dan Plt Kepala DPMPPTK Mukomuko Juni Kurniadiana, SIP. Tampak hadir, Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Mukomuko, Kabag Hukum dan Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Setdakab Mukomuko.

Baca juga :   Egrek Sentuh Kabel Listrik, Penjual Santan di Penarik Tewas

‘’Ya, hari ini rapat percepatan persoalan pembangunan tapak SUTT di kawasan PT.Agromuko. Alhamdulillah, pihak PT. Agro sudah menyetujuinya. Seminggu kedepan berkemungkinan besar pihak PT. PLN sudah memulai pembangunan,’’ ungkap Asisten II Setdakab Mukomuko, H. Bustari Maler.

Dijelaskan Bustari Maler, pembangunan tower SUTT di Kabupaten Mukomuko sebanyak 137 titik. Berdasarkan laporan dari pihak PT.PLN, untuk sementara ini progres pembangunan tower SUTT telah mencapai 67,8 persen. Sisanya, masih terdapat 19 titik di kawasan HGU PT. Agromuko dan 14 titik di lahan masyarakat.

‘’Untuk lokasi tower di PT. Agromuko sudah mendapat kesepakatan. Pihak manajemen perusahaan bersedia menyetujui, dengan menawarkan solusi adanya dana kompensasi atas lahan HGU mereka, dan itu juga telah disetujui pihak PLN. Berkemungkinan besar dalam minggu depan, sudah dimulai pembangunan,’’ imbuhnya.

Baca juga :   Perbaikan Jaringan, PLN Lakukan Pemadaman

Sementara untuk pembebasan lahan masyarakat di 14 lokasi, Bupati berharap kepada jajarannya untuk segera mencari jalan penyelesaian. Selain itu, juga meminta kepada masyarakat pemilik lahan bermurah hati untuk mempermudah proses pembangunan di daerah ini.

‘’Disamping itu, bupati juga meminta kepada semua jajarannya. Untuk sesegera mungkin memfasilitasi pihak PLN menyelesaikan koordinat tower yang melintasi lahan masyarakat. Ini PR kita yang harus kita carikan solusinya sesegera mungkin dan tentunya juga akan melibatkan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah,red),’’ ujarnya.

Perlu diketahui, percepatan pembangunan jaringan SUTT bertujuan untuk menjawab persoalan krisis daya listrik di wilayah Kabupaten Mukomuko. Dengan demikian, Pemkab berharap dalam pelaksanaan pembangunan ini mendapat dukungan masyarakat.

Baca juga :   Bupati Imbau Warga dan PT. Agro Dukung Percepatan SUTT

‘’Ya tentunya, pembangunan jaringan SUTT ini bagian dari jawaban persoalan listrik yang selama ini kita keluhkan. Untuk percepatan pembangunan, mari kita bersama-sama memberikan dukungan dengan mempermudah proses pembangunan,’’ demikian Bustari. (nek)

Berita Terkait

spot_img
spot_imgspot_img

Berita Terbaru

error: Alert: Content is protected !!